Pemkot Bukittinggi gelar MTQ Nasional tingkat kota ke-41

id Wali Kota Bukittinggi,Erman Safar,MTQ Nasional tingkat kota ke-41

Pemkot Bukittinggi gelar MTQ Nasional tingkat kota ke-41

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar melakukan pemukuluan bedug sebagai tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat kota tahun 2024 (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat kota 2024. Kegiatan ini dibuka langsung Wali Kota Bukittinggi, Jumat.

Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, selaku Ketua LPTQ Bukittinggi, menjelaskan, tahun 2024 ini, Pemkot bersama LPTQ menyelenggarakan MTQ yang memperlombakan 10 cabang dengan 348 peserta dari tiga kecamatan di Bukittinggi.

“MTQ tingkat Kota Bukittinggi dilaksanakan satu kali dua tahun. MTQ ini dilakukan sebagai salah satu langlah untuk seleksi untuk menjaring kafilah, untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Sumbar. Tahun 2024 ini Kecamatan ABTB menjadi tuan rumah pelaksanaan,” katanya.

348 peserta pada MTQ tingkat Kota Bukittinggi ke 41 ini, berasal dari Kecamatan ABTB 119 orang, Kecamatan Guguak Panjang 119 orang dan Kecamatan MKS 110 orang. Mereka akan bertanding dalam 10 cabang lomba.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bukittinggi, diwakili Kasi URAIS, Edison, menyampaikan, MTQ tidak sebatas lpmba dan musabaqah saja. Tapi, juga bisa menjadi salah satu momentum untuk meningkatkan semangat untuk mempelajari Al Quran dan mengamalkan nilai nilai Al Quran, terutama bagi para generasi muda

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, apresiasi pada seluruh panitia pelaksana, peserta dan kecamatan yang ikut berpartisipasi pada MTQ ke 41 tingkat Kota Bukittinggi. Tujuannnya untuk meningkatkan minat dan melatih generasi muda untuk meningkatkan nilai spiritual serta meningkatkan kepekaan masyarakat pada ilmu agama.

“Kami terus berusaha untuk wujudkan visi menjadikan Bukittinggi Hebat berlandaskan Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah. Untuk bidang keagamaan, kita fasilitasi pembentukan rumah tahfiz di seluruh kelurahan dengan dana APBD," kata Wako.

Menurutnya anggaran pembinaan terus ditambah setiap tahunnya untuk dimaksimalkan dalam mencetak generasi muda yang Qurani.

Pembukaan MTQ ke 41 ditandai dengan penyerahan trophy bergilir dari juara umum Kecamatan MKS kepada Ketua LPTQ dan diteruskan kepada Wali Kota. Selanjutnya, ditabuh bedug oleh Wako, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.