Berhadiah Ratusan Juta, Universitas Baiturrahmah Gelar Lomba Olimpiade Biologi dan MTQ Se-Sumatera Barat

id Unbrah

Berhadiah Ratusan Juta, Universitas Baiturrahmah Gelar Lomba Olimpiade Biologi dan MTQ Se-Sumatera Barat

Dari kiri ke kanan, Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS, drg. Abu Bakar, P.hD, dan Dr. Edi Suandi. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang akan menggelar lomba olimpiade Biologi dan MTQ tingkat SMA se-Sumatera Barat
Unbrah menggelar lomba olimpiade Biologi dan MTQ tingkat SMA se-Sumatera Barat. (ANTARA/ist)
dalam rangka perayaan HUT Ke-30 atau Lustrum VI kampus tersebut pada 29 hingga 31 Januari 2024 yang hadiahnya mencapai ratusan juta rupiah dan disiarkan langsung di televisi.

"Tentu hadiahnya selain uang penghargaan dan pembinaan juga, persentase uang masuk di Seluruh Prodi di Unbrah termasuk Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang secara total bisa mencapai ratusan juta," kata Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim melalui Sekretaris Umum Lustrum Unbrah VI Dr. Edi Suandi di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan dari selebaran atau "flyer" yang telah disebarkan khusus untuk juara pertama Olimpiade Biologi mendapatkan uang tunai Rp2,5 Juta plus persentase pemotongan hingga 50 persen uang masuk ke Unbrah jika nantinya siswa yang bersangkutan memilih dan lulus di Unbrah.

Seterusnya pemotongan 25 persen, 10 persen untuk juara kedua dan ketiga selain tentu mendapatkan uang tunai juga.

"Selain hadiah ratusan juta, peserta juga berkesempatan tampil di televisi bahkan media sosial karena lomba akan disiarkan langsung salah satu televisi terkemuka di Sumbar," ujarnya.

Dalam hal ini stasiun tv tersebut akan menyiarkan secara langsung semua kegiatan lomba Olimpiade Biologi mulai dari babak penyisihan hingga final, terkecuali MTQ yang hanya akan menyiarkan babak final saja.

Meskipun demikian, kata dia ini menjadi kesempatan bagi siswa yang tentu ingin "viral" atau dikenal dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuan Biologinya dalam lomba tersebut.

"Lomba ini terdiri atas tiga babak yakni penyisihan, semifinal dan final bergantung keikutsertaan nantinya," sebutnya.

Dia menambahkan pendaftaran untuk kedua lomba ini masih akan dibuka hingga 26 Januari 2023 tepat pukul 23.59 WIB yang bisa diakses di Instagram @infounbrah.

Termasuk katanya lomba MTQ Se-Sumbar yang rencananya akan dilaksanakan paralel juga dengan lomba Olimpiade Biologi.

Nantinya juga ujar Edi, semua peserta akan mendapat sertifikat sebagai bukti telah mengikuti lomba.

"Harapannya peserta bertambah karena keuntungan dapat hadiah ratusan juta serta bisa viral di media," sebutnya.

Dia menambahkan untuk kegiatan ini pihaknya telah bekerjasama dengan Pemprov Sumbar dalam hal ini Dinas Pendidikan Sumbar dan Kanwil Kemenag Sumbar

"Kami sudah menemui keduanya dan mendapat respon positif, diharapkan kegiatan berjalan lancar," sebutnya.

Ditemui terpisah Ketua Umum Lustrum Unbrah VI drg. Abu Bakar, P.hD mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan Olimpiade Biologi ini untuk mempromosilkan bahwasanya Unbrah merupakan kampus yang dapat menampung aspirasi bagi siswa yang berminat pada mata ajaran Biologi.

Sebab menurutnya, di Unbrah terdapat program studi yang dalam perkuliahannya menitikberatkan mata pelajaran Biologi seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi Klinis.

"Selain itu karena disiarkan televisi, tujuannya juga untuk memberikan edukasi kepada siswa di Sumatera Barat sekaligus menumbuhkembangkan nuansa akademik melalui layar kaca, dimana saat ini lebih didominasi oleh hiburan," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius menyambut baik adanya kegiatan lomba Biologi yang melibatkan siswa SMA tersebut dan akan disiarkan televisi.

Dia berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh banyak siswa SMA sederajat di Sumbar karena memiliki banyak manfaat

Hal Senada disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin yang juga menyambut baik adanya lomba MTQ yang diselenggarakan oleh Unbrah.

Menurutnya ini menjadi kesempatan mencari bibit baru penghafal Quran dari tingkat SMA maupun mahasiswa.

Sedangkan salah satu Siswa di salah satu SMA negeri di Kota Padang Jumaidil Iksan mengatakan lomba ini menjadi kesempatan bagi siswa SMA yang suka dengan pelajaran Biologi untuk memperlihatkan kemampuannya.

Terlebih katanya, lomba ini digelar oleh salah satu kampus swasta yang terkenal dengan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Giginya di Sumbar.

"Saya dengar selentingan, masuk kampus itu cukup banyak berbiaya namun ada hadiah bisa bayar setengahnya tentu akan menjadi keuntungan bagi siswa yang ingin masuk," sebutnya.*