BCA Dorong Perkembangan UMKN Indonesia

id Bca

BCA Dorong Perkembangan UMKN Indonesia

Kepala SK CSR BCA Inge Setiawati, Kamis (12/4) saat memberikan pemaparan pada seminar Bank Central Asia (BCA) dengan tema "dorong pertumbuhan UMKM bagi perekonomian Indonesia" di Hotel Rocky. (Istimewa)

Padang, 12/4 (Antara) - PT Bank Central Asia tbk serius mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia karena sektor itu memberikan kontribusi yang besar dalam perekonomian.

"Kita punya program Bakti BCA yang bertujuan untuk menfasilitasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang," kata Kepala SK CSR BCA Inge Setiawati di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu dalam seminar BCA dengan tema "Dorong Pertumbuhan UMKM bagi Perekonomian Indonesia," di Padang.

Selain program yang ada, BCA juga memberikan pelatihan? dan seminar bagi pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia agar usahanya semakin berkembang dan bisa mengakses kredit sektor UMKM.

"Keseriusan BCA dalam menyalurkan kredit bagi UMKM terlihat dari rasionya yang ditargetkan mencapai 20 persen dari total portofolio kredit BCA. Tahun 2017 lalu, kredit komersil serta usaha kecil dan UMKM yang disalurkan BCA mencapai Rp167,49 triliun atau tumbuh 10,3 persen (yoy)," katanya.

Ia berharap adanya perlakuan khusus dari BCA dalam menggerakan pelaku UMKM dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Apalagi, sektor ini juga dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan dan menciptakan produk unggulan yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri.

Ekonom BCA Kantor Pusat, David Sumual mengungkapkan pelaku UMKM perlu menguasai teknologi agar bisa bersaing karena saat ini tren belanja online masyarakat Indonesia dan dunia terus meningkat.

"Manfaatkan teknologi ini untuk terus berkembang," katanya.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Irwan Zubir menyebutkan UMKM merupakan sektor usaha yang menjadi bagian penting dari perekononmian karena memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong perekonomian.

Menggeliat UMKM di Indonesia, selain memberikan kontribusi dalam mendorong perekonomian juga memberikan kontribusi dalam membuka kesempatan kerja baru.?

"Semua pihak harus ikut mendorong perkembangan sektor ini," katanya.

Seminar itu juga diikuti pelaku UMKM di Sumbar.