BCA Beri Mahasiswa Berprestasi Unand Beasiswa Rp200 Juta

id beasiswa BCA

BCA Beri Mahasiswa Berprestasi Unand Beasiswa Rp200 Juta

Penyerahan beasiswa dari BCA untuk mahasiswa Unand. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyerahkan beasiswa sebesar Rp200 juta untuk mahasiswa berprestasi dari Universitas Andalas (Unand) Padang sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Penyerahan dilakukan Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati dan Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Padang Robert Siahaan, kepada perwakilan mahasiswa Unand yang disaksikan oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Hermansyah di Padang, Jumat.

Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati mengatakan tahun ini BCA menyerahkan beasiswa kepada 18 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia termasuk Unand dengan nilai total Rp 5,35 Miliar.

Khusus untuk Sumbar, katanya beasiswa itu baru pertamakali diberikan. Mereka yang menerima, setelah melewati satu penyaringan. Dengan indikator penerima nilai cukup baik, keterbatasan keuangan.

Selain menerima dana untuk sekolah dan kehidupan sehari-hari. Penerima juga diwajibkan mengikuti pelatihan softskill. Agar mahasiswa lebih siap dibanding yang lain untuk masuk dunia kerja.

"Tujuannya, memperluas wawasan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan mentoring, agar para penerima beasiswa Bakti BCA akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti,"katanya.

Dikatakannya dukungan dari BCA tidak hanya berhenti pada dukungan materil, melainkan juga secara aktif melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan serta jumlah penerimanya. Terhitung sejak tahun 2019, BCA menambahkan jumlah perguruan tinggi negeri penerima beasiswa dari 16 menjadi 18 perguruan tinggi negeri. Sementara jumlah dana yang dialokasikan juga meningkat setiap tahunnya.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Padang Robert Siahaan mengatakan, membentuk sumber daya manusia (SDM) yang excellence dapat dibina melalui pendidikan yang berkualitas.

Sebagai institusi perbankan yang konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya, BCA kian berkomitmen pula untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia melalui program Beasiswa Bakti BCA.

“Kami selalu mengharapkan program beasiswa yang kami susun ini sekiranya dapat memberikan kontribusi bagi nilai tambah pendidikan di Tanah Air,” tambah Robert.

Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa Universitas Andalas ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Wakil Rektor III Akademik dan Kemahasiswaan Unand Hermansyah mengaku berterimakasih atas beasiswa tersebut. Untuk itu Hermansyah berharap mahasiswa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan BCA ini, semoga anak-anak kami menfaatkan kesempatan ini dengan baik. Gali dan kenalilah potensi yang ada,"harapnya.

Kegiatan itu juga dihadiri Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan OJK Mendi Rahmadi.***3***