Pasaman Barat komitmen majukan keolahragaan

id Olahraga Pasaman Barat,KONI Pasaman Barat

Pasaman Barat komitmen majukan keolahragaan

(ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/18)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bersama Dinas Pendidikan setempat segera menandatangani nota kesepahaman dalam rangka pembinaan olahraga ke depannya.

"Menurut aturan yang ada, Dinas Pendidikan juga bertanggungjawab untuk memajukan dan membina olah raga. Tentunya kita ingin bersama-sama untuk hal pembinaan olah raga sejak usia dini," kata Ketua KONI Pasaman Barat, Mahlil Usman di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan untuk memajukan olahraga, faktor pembinaan sejak dini sangat penting. Salah satunya adalah melalui basis pembinaan di sekolah-sekolah yang ada.

"Kita ingin sekolah yang ada memasukkan pendidikan ekstrakurikuler olahraga atau cabang olahraga yang ada. Tentu peran Dinas Pendidikan sangat penting untuk menyosialosasikan program KONI ke sekolah," ujarnya.

Menurutnya banyak pembinaan cabang olahraga yang bisa dikoneksikan antara KONI dengan sekolah yang ada. Misalnya catur, bridge, beladiri, atletik, silat dan cabang olah raga lainnya.

"Kita berharap pembinaan ini benar-benar serius dapat dilakukan. Apalagi pada 2020 nanti Pasaman Barat menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi Sumbar sehingga pembinaan untuk prestasi sangat penting dilakukan," katanya.

Ia berharap nantinya Dinas Pendidikan bisa bekerja sama untuk menempatkan pembinaan cabang olah raga yang berbeda disetiap sekolah sehingga jelas nantinya arah pembinaan dilakukan di setiap sekolah yang ada.

"Kita juga siap menyiapkan pelatih bagi para guru yang ada. Selain itu juga memfasilitasi untuk bertanding di berbagai turnamen yang ada untuk melatih mental dan kemampuan atlet," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marwazi didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Adrianto menyambut baik kunjungan KONI Pasaman Barat pada Rabu (4/4) untuk bekerja sama dengan pihaknya memajukan olah raga.

"Saya sangat sepakat bahwa pembinaan olah raga harus dilakukan sejak usia dini. Pembinaan juga bisa dilakukan di sekolah karena memiliki potensi untuk itu," katanya.

Ia mengharapkan ada kolaborasi antara KONI dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan pembinaan di sekolah.

Pihaknya juga siap memfasilitasi pembinaan di sekolah yang ada. Terutama sekolah yang memiliki potensi sejumlah cabang olah raga yang ada.

"Draf kerja samanya atau MoU sudah kami terima dan direncanakan ditanda tangani pada 2 Mei 2018 nanti sehingga pembinaan olah raga di sekolah lebih terarah," harapnya.

Saat koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Ketua KONI Pasaman Barat, Mahlil Usman didampingi Sekretaris, Paet Lubis, Bendahara, Amy, Kepala Bidang Humas, Al dan pengurus lainnya. (*)