Konektor perdamaian RI-GAM Mahyuddin Adan meninggal, Partai Aceh: Aceh kehilangan tokoh perdamaian

id Partai Aceh,Mahyuddin Mahmud Adan

Konektor perdamaian RI-GAM Mahyuddin Adan meninggal, Partai Aceh: Aceh kehilangan tokoh perdamaian

Mahyuddin Mahmud Adan (Istimewa)

Kami dan seluruh masyarakat Aceh ikut menyampaikan kesedihan mendalam. Aceh kehilangan tokoh perdamaian
Banda Aceh, (Antaranews Sumbar) - Partai Aceh (PA) menyatakan duka mendalam atas meninggal dunianya Mahyuddin Mahmud Adan, sosok yang dikenal konektor perdamaian RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Kami dan seluruh masyarakat Aceh ikut menyampaikan kesedihan mendalam. Aceh kehilangan tokoh perdamaian," kata Juru Bicara Partai Aceh Syardani M Syarif di Banda Aceh, Senin.

Syardani M Syarif yang dikenal dengan nama Tgk Jamaica menyebutkan, almarhum Mahyuddin Mahmud Adan meninggal dunia di atas pesawat terbang City Link, Senin (26/3) sekitar pukul 09.45 WIB.

Saat itu, almarhum dalam perjalanan udara dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara, menuju Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Provinsi Aceh.

Tgk Jamaica menuturkan almarhum Mahyuddin Mahmud Adan yang akrab disapa Abuwa, merupakan sosok peduli terhadap perdamaian Aceh. Berbagai cara dengan penuh risiko dilakukannya untuk mewujudkan perdamaian Aceh.

"Almarhum melakukan semuanya dengan penuh keikhlasan dan kehendak Allah SWT. Segala tantangan dihadapinya dengan ketabahan guna mewujudkan perdamaian Aceh," kata dia.

Tgk Jamaica menambahkan, almarhum merupakan figur rendah hati atau "low profile". Almarhum dikenal di jajaran GAM, tidak hanya di tingkatan pimpinan, tetapi juga di kalangan prajurit lapangan.

Selain itu, sebut dia, figur almarhum Mahyuddin tidak hanya dikenal dekat di kalangan GAM, tetapi juga dikenal dekat dengan jajaran Pemerintah Indonesia, khususnya Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Menurut Tgk Jamaica, almarhum Mahyuddin Mahmud Adan terus memberikan kontribusinya terhadap keberlangsungan perdamaian dan penyelesaian konflik Aceh.

Di antara bukti kontribusi dan komitmennya terhadap perdamaian Aceh yakni dalam upaya pemulangan tahanan politik Aceh yang ditahan di penjara Songkhla, Thailand, beberapa waktu lalu.

"Ketua Umum Partai Aceh Muzakir Manaf dan jajaran menyatakan sangat berduka atas berpulang ke Rahmatullah Abuwa Mahyuddin Mahmud Adan," pungkas Tgk Jamaica. (*)