Pasaman Barat siapkan rp117 miliar bangun infrastruktur

id bupati pasaman barat

Pasaman Barat siapkan rp117 miliar bangun infrastruktur

Ilustrasi Bupati Pasaman Barat, Syahiran (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat (Antaranews Sumbar) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan sekitar 117 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana pada 2018 ini.

"Benar, kita telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan fisik pada 2018 ini. Dalam waktu dekat sejumlah kegiatah akan ditenderkan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pasaman Barat, Rafa`an di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan dari anggaran itu, pihaknya memprioritaskan sejumlah pembangunan di daerah tertinggal selain di daerah perkotaan.

"Untuk pembangunan fisik di daerah tertinggal disiapkan sebesar Rp11 miliar dan pembangunan kawasan perkotaan sebesar Rp6 miliar. Pembangunan itu terdiri dari infrastruktur jalan, jembatan dan sarana lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan pembangunan yang akan dilaksanakan diarahkan untuk melepaskan daerah itu dari status tertinggal.

Diantara pembangunan yang akan akan dilaksanakan adalah oeningkatan jalan Simpang Sayur - Sikabau Kecamatan Lembah melintang? sebesar Rp10 miliar peningkatan jalan Kampuang Duo - Jarambia Ampek Kecamatan Sasak Ranah Pasisie sebesar Rp8,3 miliar.

Peningkatan jalan Bandarejo - Kototinggi sebesar Rp3 miliar, peningkatan jalan Tanjung Medan - Banjar Durian Gadang Rp3 mikiar. Peningkatan ruas jalan Simpang Riga Alin-Paraman Ampalu sebesar Rp2,8 miliar.

Kemudian pembangunan tribun stadion sepakbola sebesar Rp15 miiar, pembangunan Masjid Agung senilau Rp3 miliar, pembangunan landscape Masjid Agung Rp 3 miliar dan pembamgunan pagar Masjid Agung sebesar Rp2, miliar.

"Khusus pembangunan Masjid Agung akan kita tuntaskan tahun ini. Masjid ini diharapkan menjadi ikon daerah nantinya," katanya.

Pihaknya juga membangun tribun stadion sepakbola, Gelanggang Olah Raga dan kolam renang dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi Sumbar pada 2020 nanti.*