Sembilan lagi pasar semi modern akan dibangun di Pesisir Selatan

id Pasar semi modern

Sembilan lagi pasar semi modern akan dibangun di Pesisir Selatan

Pasar semi modern. (cc)

Pembangunan pasar dimaksudkan agar para pedagang dan pembeli nyaman bertransaksi dalam artian tidak lagi becek ketika musim hujan, bau sampah yang menyengat dan lainnya
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membangun sembilan pasar semi modern pada 2018, setelah sebelumnya pada 2017 juga membangun empat pasar serupa.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, Azral di Painan, Kamis, menyebutkan pasar yang akan dibangun adalah Pasar Lunang di Kecamatan Lunang, Pasar Tapan di Kecamatan Basa IV Balai Tapan, Pasar Muara Sakai di Kecamatan Indrapura.

Selanjutnya Pasar Balai Salasa dan Pasar Labuhan di Kecamatan Ranah Pesisir, Pasar Cupak di Kecamatan Lengayang, Pasar Batang Kapas di Kecamatan Batang Kapas, Pasar Lumpo di Kecamatan IV Jurai dan Pasar Carocok Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Ia menyebutkan biaya pembangunan pasar-pasar tersebut bervariasi mulai dari yang terkecil Rp500 juta hingga yang paling besar Rp5 miliar.

Pembangunan pasar dimaksudkan agar para pedagang dan pembeli nyaman bertransaksi dalam artian tidak lagi becek ketika musim hujan, bau sampah yang menyengat dan lainnya.

Dengan keadaan itu diharapkan transaksi di pasar meningkat dan tentunya mendorong meningkatnya kesejahteraan pelaku usaha di sana.

Selain itu juga diharapkan muncul lapangan pekerjaan baru di sekitar pasar seperti bertambahnya jumlah pedagang, petugas kebersihan, kuli angkut dan lainnya.

Ia mengatakan secara bertahap sesuai arahan dari bupati setempat seluruh pasar terutama pasar di kecamatan pada daerah itu akan revitalisasi menjadi pasar semi modern.

Sebelumnya pada 2017, pemerintah kabupaten setempat membangun empat unit pasar diantaranya Pasar Koto Berapak di Kecamatan Bayang dengan anggaran Rp2,7 miliar, Pasar Painan dengan anggaran Rp600 juta.

Selanjutnya, Pasar Kambang dengan anggaran Rp5,8 miliar dan selanjutnya Pasar Tapan dengan anggaran Rp2,7 miliar dan tahun ini pembangunan Pasar Tapan kembali dilanjutkan dengan anggaran Rp5 miliar. (*)