Kopertis X samakan persepsi kampus swasta terkait program 2018

id Herri

Koordinator Kopertis X sedang memberikan arahan pada pertemuan dengan kampus swasta di Kantor Kopertis X Padang, Kamis. Pertemuan ini digagas untuk menyamakan persepsi antara kampus dan Kopertis. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Sengaja ini didesain agar beberapa program Kemenristekdikti yang baru dapat tersampaikan langsung
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mengadakan pertemuan dengan seluruh kampus swasta di bawah binaannya guna menyamakan persepsi terkait program 2018, di Padang, Kamis.

"Sengaja ini didesain agar beberapa program Kemenristekdikti yang baru dapat tersampaikan langsung," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang.

Beberapa hal yang dibahas antara lain terkait sosialisasi sistem pelayanan secara elektronik, bidang kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk pelayanan secara elektronik, pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi secara rinci adanya pelayanan dengan sistem dalam jaringan tersebut.

Seperti sosialisasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) dan Sosialisasi Aplikasi Jabatan Fungsional.

Sebab selama ini masih ada dosen atau pengelola kampus yang datang ke Kopertis dan menanyakan secara manual meski sudah ada informasi di laman resmi Kopertis X.

Kemudian dalam hal penelitian pada pertemuan ini memang diselenggarakan penandatanganan oleh dosen peraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Kopertis X dorong tingkatkan kualitas pembelajaran hadapi kampus asing

Terdapat 108 kampus swasta dengan total 744 judul penelitian yang mendapat hibah penelitian dari delapan skema hibah.

Serta 22 kampus swasta dengan 40 judul pengabdian kepada masyarakat.

Di samping itu ada sosialisasi Open Jurnal Sistem untuk mempercepat akses jurnal.

"Untuk bidang kemahasiswaan menjadi penting, karena selama ini luput dari perhatian," kata dia.

Salah satu yang diinformasikan tentang pembentukan forum bidang kemahasiswaan Kopertis X yang telah resmi beberapa minggu lalu.

"Diharapkan dengan persamaan persepsi ini, kinerja Kopertis dalam mendorong kemajuan kampus swasta dapat terwujud," ujar dia. (*)

Video: MR Denya Utama


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar