Bupati instruksikan nagari bangun fasilitas olahraga

id Hendrajoni

Bupati instruksikan nagari bangun fasilitas olahraga

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menginstruksikan masing-masing nagari (desa adat) di daerah itu membangun fasilitas olahraga sebagai upaya mencegah keterlibatan generasi muda dalam penyalahgunaan narkoba, judi, dan kegiatan merusak lainnya.

"Jika tidak memungkinkan membangun lapangan sepak bola karena tidak tersedianya lahan, nagari bisa membangun lapangan bulu tangkis, takraw dan lainnya," katanya di Painan, Sabtu.

Ia menyebutkan olahraga merupakan salah satu langkah efektif dalam mencegah generasi muda terlibat tindakan negatif.

Karena jika mereka tidak memiliki kesibukan maka informasi atau ajakan yang diterima akan dengan mudah diterima dan diikuti.

Selain itu juga diharapkan melalui fasilitas olahraga muncul generasi muda yang prestasi dalam hal olahraga dan mereka mampu mengembangkan minatnya masing-masing.

Terkait tindakan negatif yang rentan terhadap generasi muda, ia juga mengajak para orang tua berperan aktif mengawasi para anak-anaknya sehingga mereka tidak salah pergaulan.

"Sesibuk apapun orang tua harus meluangkan waktu untuk anak-anaknya, dengan begitu apapun persoalan yang mereka hadapi akan diketahui dan selanjutnya dicarikan jalan keluar," ujarnya.

Selanjutnya kepada masyarakat ia juga mengajak untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya sehingga apapun perubahan yang terjadi apalagi yang mengarah ke tindakan negatif cepat

diketahui.

Dengan begitu diharapkan anak muda di Pesisir Selatan menjadi generasi sehat dan mampu melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

Di Pesisir Selatan terdapat 182 nagari yang tersebar di 15 kecamatan, total penduduk pada daerah setempat tercatat sebanyak 501.253 jiwa. (*)