Ribuan pencari kerja kunjungi bursa kerja di Padang

id HPN 2018,Bursa Kerja,HPN Sumbar

Ribuan pencari kerja kunjungi bursa kerja di Padang

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumbar, Nasrizal (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ribuan orang mengunjungi bursa kerja di Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Barat yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Kota Padang, Kamis.

"Kegiatan ini diikuti sekitar 63 perusahaan dan antusias dari masyarakat cukup tinggi, kami masih membuka bursa kerja ini hingga Jumat (8/1) sore," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumbar, Nasrizal di Padang.

Menurutnya saat dibukanya bursa kerja tersebut anak-anak muda dan juga mahasiswa sudah memadati tempat digelarnya kegiatan tersebut.

Dengan adanya bursa kerja ini, lanjutnya para pencari kerja memiliki kesempatan untuk memilih perusahaan yang sesuai dengan bidangnya, dan begitu juga sebaliknya penyedia pekerjaan juga punya banyak pilihan untuk merekrut orang-orang yang berkompeten.

"Bursa kerja ini saling menguntungkan semua pihak, dan pemerintah hanya memfasilitasi," kata dia.



Sejumlah pencari kerja memadati bursa kerja yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Sumbar. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)


Selain perusahaan swasta, pada kesempatan itu beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga ikut ambil bagian, seperti salah satunya PT PLN.

Kemudian selain memeriahkan HPN, bursa kerja itu juga bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Sumbar dengan memberikan peluang bagi lulusan SLTA yang tak melanjutkan kuliah maupun lulusan perguruan tinggi.

"Salah satu upaya untuk mengurangi angka pencari kerja dan tingkat pengangguran," katanya.

Ke depan pihaknya akan terus membuka bursa kerja secara berkala, agar anak-anak muda dan para pencari kerja memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan perkerjaan.

Salah satu pencari kerja yang ikut kegiatan itu, Sri Rahayu Fitri mengatakan bursa kerja ini memberinya kesempatan untuk bertemu langsung dengan perusahaan yang ingin ia lamar.

"Saya memasukkan lamaran ke PT Suka Fajar, hari ini juga ada wawancara langsung dengan pihak perusahaan," tambahnya. (*)