Pesisir Selatan mempercantik Pantai Carocok

id Pantai Carocok,Pariwisata Painan

Pesisir Selatan mempercantik Pantai Carocok

Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan,(Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mempercantik objek wisata Pantai Carocok Painan agar lebih menarik dikunjungi, salah satu membangun taman.

"Pada 2017 memang telah dibangun taman di lokasi dan tahun ini kami akan kembali membangunnya agar lokasi semakin indah," kata Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pemkab Pasisir Selatan Wendra Rofikto di Painan, Rabu.

Ia mengatakan anggaran Rp1,2 miliar yang bersumber dari bantuan keuangan khusus provinsi, sesuai rencana dikucurkan untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, kata dia, terdapat pos-pos anggaran di organisasi perangkat daerah terkait yang untuk mendukung pembangunan taman itu.

Ia berharap dengan dibangunnya taman membuat wisatawan makin nyaman dan dapat dipastikan mereka memopulerkan lokasi itu.

Objek wisata Pantai Carocok Painan merupakan lokasi andalan dalam pemenuhan Pendapatan Asli Daerah sektor pariwisata di daerah setempat.

Pada 2017 tercatat sekitar Rp1,1 miliar uang retribusi yang didapatkan dari kunjungan wisatawan ke Objek Pantai Carocok Painan.

Sepanjang tahun itu juga tercatat sekitar satu juta lebih wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, berkunjung ke lokasi tersebut. Namun tidak semua yang masuk ke objek wisata itu sehingga tidak berdampak signifikan terhadap penjualan tiket masuk.

Wisatawan tersebut hanya menghabiskan waktu di taman Pantai Carocok dan di sekitar perparkiran untuk selanjutnya ada yang ke Mandeh, Puncak Langkisau, dan objek wisata lainnya.

Di objek wisata Pantai Carocok yang berada di ibu kota kabupaten setempat, itu wisatawan bisa menikmati keindahan laut berupa karang dan ikan-ikan kecil. Berbagai wahana permainan juga bisa dinikmati wisatawan, seperti banana boad, donat boad, dan jetsky.

Di antara para wisatawan juga kerap menyalurkan hobi memancingnya di lokasi itu karena terdapat lokasi-lokasi memancing yang ideal. (*)