Pemprov Sumbar perbaiki jalan dermaga TPI Carocok Tarusan

id Jalan, TPI, Carocok, Dermaga

Pemprov Sumbar perbaiki jalan dermaga TPI Carocok Tarusan

Gubernur Sumbar Mahyeldi memimpin Rapat Koordinasi OPD di Painan. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperbaiki akses jalan yang rusak menuju Dermaga dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan pada 2024.

"Jalan yang rusak tersebut merupakan akses utama ke Dermaga dan TPI Carocok Tarusan sehingga sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, kita harus cepat, tahun ini akan langsung diperbaiki," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi dihubungi dari Padang, Senin.

Ia mengatakan panjang ruas jalan yang rusak tersebut sekitar 600 meter dan anggaran untuk perbaikan saat ini juga telah tersedia di Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar.

"Perbaikan bisa segera kita lakukan karena anggarannya sudah ada," katanya.

Mahyeldi menjelaskan salah satu alasan yang mendorong dirinya kerap turun ke daerah agar bisa mendengar dan melihat langsung kondisi dan kebutuhan masyarakat sehingga kebijakan yang dilahirkan bisa menjadi lebih solutif dan tepat sasaran.

Kepala Dinas Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat Era Sukma Munaf mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi gubernur itu dalam waktu dekat.

"Kita segera proses. Dalam waktu dekat perbaikan akan kita lakukan," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Nelayan Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan Syaiful mengeluhkan kondisi akses jalan menuju Dermaga dan TPI Carocok Tarusan yang rusak sehingga berdampak terhadap kelancaran mobilisasi hasil tangkapan para nelayan daerah tersebut.

Selain itu, karena Kawasan Mandeh telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Sumbar, kenyamanan para wisatawan saat menuju dermaga untuk berangkat ke pulau-pulau yang berada di kawasan wisata Mandeh juga berpotensi terganggu, terutama ketika musim hujan.