Dharmasraya dapat bantuan bus perintis, ini rutenya

id Kemenhub,Bus Perintis,Dharmasraya

Dharmasraya dapat bantuan bus perintis, ini rutenya

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya, Ramilus. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Perhubungan memberikan bantuan tujuh unit bus sebagai angkutan perintis kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, sebagai bentuk peningkatan layanan transportasi kepada masyarakat daerah itu.

"Dijadwalkan penandatanganan kerja sama dengan Perum Damri dilaksanakan besok," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya, Ramilus di Pulau Punjung, Senin ( 22/1).

Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.6525/As.204/DRJD/2017 tentang penetapan jaringan trayek angkutan jalan perintis tahun 2018, kata dia.

Ia menjelaskan bus perintis tersebut akan melayani empat di antaranya Pulau Punjung-Sungai Rumbai-Sitiung Tiga, Pulau Punjung-Sikabau-Simpang Tiga Camat dan Koto Baru-Ampang Kuranji-Abai Siat-Sitiung IV-Sungai Rumbai.

Bantuan dari Kementerian Perhubungan merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat dari sektor angkutan massal, terutama untuk rute yang masih terpencil.

Sedangkan untuk ongkos belum dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Direncanakan bus tersebut akan beroperasi pada awal Februari 2018.

"Untuk ongkos,masih menunggu keputusan dari kementerian berapa nantinya," katanya.

Ia menyebutkan operasional tujuh bus Damri untuk Dharmasraya itu seluruhnya disubsidi oleh Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2018.

"Meskipun mendapatkan subsidi masyarakat tetap membayar ongkos tapi tidak penuh, misalnya berapa persen kita berikan subsidi dari ongkos normal," katanya. (*)