Puluhan supir bus jalani tes urine di Terminal Simpang Empat Pasaman Barat

id Terminal Simpang Empat Pasaman Barat,BNNK Pasaman Barat

Puluhan supir bus jalani tes urine di Terminal Simpang Empat Pasaman Barat

BNNK Pasaman Barat bersama Dinas Perhubungan melakukan tes urine terhadap para supir di terminal Simpang Empat Pasaman Barat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik, Senin (8/4/2024). Antara/HO-Dishub Pasaman Barat. 

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Puluhan supir bus di Terminal Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menjalani tes urine guna menciptakan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat, Senin.

"Sekitar 21 orang supir kita lakukan tes urine bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat. Hasilnya nihil temuan positif," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan tes urine itu dalam rangka upaya untuk menjamin keselamatan masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran.

Sekaligus, untuk memastikan agar para sopir angkutan bus di Terminal Simpang Empat bebas dari penggunaan obat-obatan terlarang.

Menurutnya dari beberapa sopir bus yang diperiksa tidak ada satupun yang terindikasi menggunakan narkoba termasuk supir bus antar provinsi seperti ANS dan ALS.

Pemeriksaan para sopir bus itu penting dilakukan menjelang lebaran tahun ini. Sebab, jika pengemudi bus menggunakan narkoba dapat membahayakan perjalanan penumpang.

Ia berharap masyarakat yang pulang ke daerahnya masing-masing menggunakan angkutan darat tersebut bisa aman dan lancar.

Selain tes urine, pihaknya bersama Satuan Lalu Lintas juga telah melakukan tes uji kelaikan (ramp check) kendaraan lebaran sebelumnya.

Ramp check itu, katanya, bertujuan untuk memastikan keselamatan masyarakat yang akan berpergian mudik

Ia menjelaskan pengecekan dilakukan pada administrasi berupa bukti lulus uji, izin operasional, SIM dan STNK.

Kemudian secara teknis pada sistem penerangan kendaraan, pengereman, kondisi ban, perlengkapan kendaraan, kaca film, kondisi lampudan lainnya untuk keamanan dan keselamatan berkendara.***2***