Kota Sawahlunto dan Bukittinggi Raih Penghargaan Kota Cerdas Indonesia

id Jusuf Kalla

Kota Sawahlunto dan Bukittinggi Raih Penghargaan Kota Cerdas Indonesia

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/AACC2015/Fanny Octavianus)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Dua kota di Sumatera Barat yakni Kota Sawahlunto dan Bukittinggi mendapatkan penghargaan sebagai kota terbaik untuk "Rating Kota Cerdas Indonesia" (RKCI) 2017 yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ada 15 kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City) yang dilakukan di Istana Wakil Presiden Jl Medan Merdeka Selatan Jakarta, Senin (11/12).

Ke-15 kota yang mendapat penghargaan yaitu kategori Kota Besar: Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan. Kota Sedang: Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri. Kota Kecil: Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi "Kota Cerdas" berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan dua tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015.

Kota Cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya.

Tujuannya diharapkan mampu menjadi pendorong terwujudnya redistribusi pembangunan kota dan desa serta mengurangi kesenjangan antarkota di Indonesia. (*)