Pemkot Solok Gelar Berbagai Lomba Peringati HUT ke 47

id HUT Solok

Pemkot Solok Gelar Berbagai Lomba Peringati HUT ke 47

Kabag Humas, Nurzal Gustam saat memberikan penjelasan rangkaian kegiatan HUT Kota Solok yang ke 47. ( Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menggelar berbagai lomba dalam memperingati Hari ulang Tahun (HUT) yang ke 47.

Kepala Bagian Humas, Nurzal Gustam di Solok, Jumat mengatakan rangkaian acara hut sudah ada yang digelar pada bulan-bulan sebelumnya seperti pemilihan Uda Uni Kota Solok dan lainnya.

"Untuk acara puncak akan berlangsung pada 16 Desember 2017 dengan malam resepsi ulang tahun," ujarnya.

Ia menjelaskan pada Desember, beberapa kegiatan yang akan berlangsung yaitu pada 9 Desember 2017 Festival Lampion Obor di Pulau Belibis, Pawai Khatam Al Qur'an dan Tahfidz serta Tablig Akbar dengan ustadz Syech Ali Jabern pada 12 Desember 2017, Pawai Budaya Arak Bako pada 14 Desember.

Pameran lomba foto 11 hingga 16 Desember 2017, 17 Desember acara Basisentak (lomba memancing di Pulau Belibis), sedangkan sebelumnya diadakan Alang Bankeh art Festival Solok Noght Carnaval, Lomba Manjujai Anak (menyanyikan lagu tidur), lomba foto, bercerita minang, Basilumuah (Festival Silek Tuo), Basikicau (lomba burung berkicau), jelajah kota dan lainnya.

"Berbagai lomba dan kegiatan dalam memeriahkan HUT Kota Solok memang di rencanakan dari berbagai bidang dan aspek agar dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat kota Solok, karena dari berbagai kalangan," ujarnya.

Ia mengatakan warga sangat antusias mengikuti rangkaian acara HUT Kota, pada Solok Night Carnaval malah pemda kekurangan dana untuk mengikutkan warga yang banyak ingin turut berpartisipasi.

Beberapa kegiatan memakai kata "basi" yang artinya kata awalan "ber" seperti Basikicau, Basilumuah, Basisentak merupakan inisiatif dari LKAAM setempat yang dicoba terus dipakai untuk melestarikan bahasa daerah.

Ia berharap berbagai kegiatan positif dalam bidang seni, agama, pendidikan, adat, pariwisata dan lainnya yang digelar dapat mempersatukan masyarakat Kota Solok sehingga semakin maju dan terdepan kedepannya. (*)