Padang Petakan Kemampuan Pegawai, Ini Sasarannya

id PNS

Padang Petakan Kemampuan Pegawai, Ini Sasarannya

(ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat memetakan kemampuan pegawai, khususnya para pejabat kedinasan, sebagai upaya meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan program pembangunan di daerah itu.

"Kemampuan pejabat perlu diuji baik di dalam, di luar ruangan guna melihat kinerja pada bidang yang diampunya," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Padang Asnel di Padang, Jumat (8/12).

Pemetaan itu, ujarnya dilakukan oleh Badan Kepegawaian melalui tes teks komputer atau CAT.

Hasil dari tes yang dilaksanakan dengan sistem komputer itu akan menjadi acuan dalam penilaian kinerja dari masing-masing pejabat atau pegawai.

Selain itu, dari hasil tersebut juga akan terlihat potensi yang dimiliki setiap pegawai atau pejabat di masing-masing dinas.

"Dalam hal pemetaan dilakukan sesuai eselon yang sama sehingga akan diuji juga kompetensinya saat memangku bidang tertentu," ujar dia.

Pada 2018, katanya, akan dipetakan kemampuan para pejabat tersebut, sesuai hasil dari tes.

"Bisa saja nantinya penentuan jabatan struktural akan direkomendasikan dari hasil pemetaan tersebut," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Padang Habibul Fuadi mengatakan kegiatan pemetaan itu dilakukan untuk memastikan penempatan pegawai dalam bidang sesuai dengan kemampuannya.

Dengan begitu, katanya, setiap program yang telah dicetuskan dapat dilaksanakan lebih tepat sasaran dan berhasil secara optimal.

"Dengan dipegang oleh pejabat yang mampu dan tepat, kinerja program lebih terarah dan efektif," kata Habibul yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Padang tersebut.

Pada akhir tahun ini telah dilaksanakan pemetaan terhadap pejabat Eselon III dan ke depan kegiatan seperti itu akan ada lanjutannya. (*)