Makan Bajamba dan Pacu Kuda Wisata Meriahkan HJK Bukittinggi

id HJK BUKITTINGGI

Makan Bajamba dan Pacu Kuda Wisata Meriahkan HJK Bukittinggi

Rapat persiapan memperingati HJK ke-233 Bukittinggi. Hingga Selasa(5/12), sebanyak 46 kegiatan telah dihimpun untuk memeriahkan perayaan tersebut. (ANTARA SUMBAR/ Humas Pemkot Bukittinggi )

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Bukittinggi bakal menggelar pelbagai perayaan mulai dari kelurahan hingga tingkat pemerintah kota dalam menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kota ke-233 pada 22 Desember. Makan bajamba dan Pacu Kuda Wisata merupakan tradisi yang juga bakal digelar dalam rangkaian perayaan HJK itu.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi, Yulman di Bukittinggi, Rabu (6/12) menyebutkan kegiatan-kegiatan itu dihimpun mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan hingga badan dan dinas di Bukittinggi.

Materi kegiatan yang telah diajukan hingga Selasa (5/12) yaitu sebanyak 46 kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan.

Pelaksanaan puncak peringatan HJK dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD di Balai Sidang Hatta pada 22 Desember 2017.

Selanjutnya pada 23 Desember 2017 dilaksanakan acara makan bersama atau "makan bajamba" di Rumah Adat Baanjuang yang berlokasi di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

Perayaan juga akan diisi Pacu Kuda Wisata di Gelanggang Bukit Ambacang pada 25 dan 26 Desember 2017.

"Sesuai arahan dari wakil wali kota, setiap perangkat daerah bertanggungjawab ikut memeriahkan HJK ini jadi harus serius mempersiapkannya," katanya.

Ia mengimbau warga setempat agar juga turut serta mengisi perayaan HJK dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal masing-masing dan memasang "marawa" selama satu minggu.

"Untuk imbauan ini bagi pihak kecamatan diharapkan menyebarkan surat edaran bagi warga di lingkungannya masing-masing," katanya. (*)