Ria Ricis: Mulailah Bisnis dari Hal yang Disukai

id RIA RICIS

Ria Ricis: Mulailah Bisnis dari Hal yang Disukai

Selebgram yang menjalani wirausaha melalui media sosial Instagram/Ria Ricis mengisi Seminar Nasional Entrepreneur Fair, "Make Your Own Creativity With Entrepreneurship di Unand. (Humas Unand)

Padang, (Antara Sumbar) - Selebgram yang menjalani wirausaha melalui media sosial Instagram, Ria Ricis mengajak mahasiswa untuk memulai bisnis dari hal yang paling disukai sehingga mempermudah branding bisnis tersebut.

"Memulai bisnis bisa dilakukan dengan hal terdekat yang kita miliki dan sukai di bidang tersebut, sehingga mempermudah penguasaan untuk mengkreasikan produk yang dijual," katanya saat Seminar Nasional Entrepreneur Fair, "Make Your Own Creativity With Entrepreneurship di Padang, Senin (6/11).

Ia mencontohkan jika terbiasa dengan menggunakan jilbab yang dikreasikan, bisa saja hal tersebut dikembangkan sehingga bisa mendatangkan nilai jual.

"Dan jika ingin membuat suatu bisnis jangan takut mengalami gagal dan merugi, karena hal tersebut merupakan hal biasa dalam dunia wirausaha," katanya.

Yang luar biasa itu dapat bangkit dari kegagalan tersebut, ujarnya.

Ia mengatakan begitu juga dengan komentar yang datang dari haters di luar sana, jangan sekali-kali ditanggapi dan menjadi pemicu yang bisa menurunkan semangat wirausaha.

"Jualan dikritik orang biasa, harus tetap fokus kepada hal-hal yang mendukung. Untuk haters jangan ditanggap serius," katanya.

Kemudian ia juga mengingatkan jika telah memulai usaha harus ditekuni, jangan putus di tengah jalan. Dalam arti jangan setengah-setengah dalam menekuni bisnis tersebut.

Dan paling penting dari semua itu, yakni dapat menggunakan sosial media sebagai wadah berjualan yang efektif kepada khalayak ramai.

"Sebagai anak muda gunakan media sosial sebijak mungkin, sehingga dapat bermanfaat kepada diri sendiri dan orang lain, misalnya menjadikan media sosial sebagai wadah promosi bisnis dengan kemasan sekreatif mungkin," katanya. (*)