Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten Solsel Digelar Usai Ajang TdS

id KONI SOLSEL

Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten Solsel Digelar Usai Ajang  TdS

Ketua KONI Solok Selatan Mario syahjohan (kanan) saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Porkab VIII. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - KONI Solok Selatan, Sumatera Barat, memutuskan pelaksanaan Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) kedelapan usai ajang Tour de Singkarak (TdS) melintasi daerah itu.

Ketua KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan di Padang Aro, Kamis (2/11), mengatakan pelaksanaan Porkab pada 24-28 November di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh usai TdS melewati kabupaten itu pada 22 November 2017.

"Porkab ini salah satu ajang seleksi atlet berprestasi untuk dikirim pada event yang lebih tinggi lagi seperti Porprov maupun PON," katanya.

Untuk tuan rumah Porkab tidak hanya di satu kecamatan saja tetapi digilir.

Pada tiga tahu terakhir dilaksanakan di Sungai Pagu pada 2015 dilanjutkan Sangir Jujuan 2016 dan tahun ini di Koto Parik Gadang Diateh.

KONI akan menyeleksi 50 orang atlet berprestasi seluruh cabang olah raga akan dikirim untuk mengikuti pelatihan keluar provinsi.

Untuk saat ini, sebutnya KONI fokus ke cabang individu karena untuk tim anggarannya cukup besar dan keuangan belum bisa mengakomodirnya.

"Cabor Wushu sudah menerapkan program ini dan kami akan menjadikan ini kegiatan Koni kedepannya," ujarnya.

Program ini akan menjadi andalan KONI Solok Selatan untuk melatih atlet prestasi individu dan secara bertahap akan dilanjutkan ke semua cabang olahraga.

Bidang Pembinaan Prestasi KONI Solok Selatan Mil Ul Azmi mengatakan sejauh ini terdapat kendala pada cabang olahraga seperti pengelompokan atlet.

Menurutnya ada tiga kelompok atlet itu atlet persiapan, pelatihan dan yang sudah berprestasi.

"Pengelompokkan ini harus jelas setiap cabor agar pola latihannya bisa diatur lebih baik lagi," ujarnya. (*)