Legislator : Kawasan Mandeh Perlu Ditata

id kawasan mandeh

Legislator : Kawasan Mandeh Perlu Ditata

Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi mengatakan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat perlu ditata dengan melibatkan profesional sehingga pembangunan sarana dan prasarana penunjang menjadi terarah.

"Dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana namun tidak ada ditata dengan baik tentu hasilnya tidak akan memperindah kawasan namun malah sebaliknya," kata dia di Painan, Sabtu.

Selain itu sebutnya, dengan adanya penataan lebih awal baik pemerintah kabupaten ataupun calon investor dapat lebih mudah mengetahui lokasi-lokasi mana saja yang berpotensi untuk dikelola atau dilestarikan.

"Jika pada semua sisi didirikan bangunan tentu kawasan ini juga tidak menarik, dengan lebih cepat ditata tentu akan lebih baik untuk rencana pembangunan," ujarnya.

Ia menyebutkan hal penting lainnya yang harus dilakukan kepala daerah untuk memajukan Kawasan Mandeh adalah dengan terus dikenalkannya kawasan itu baik ke investor dalam maupun luar negeri.

Namun ia menyarankan investasi pariwisata yang dilaksanakan lebih baik berbasis lingkungan dengan melibatkan masyarakat di sekitar kawasan.

Hal tersebut agar masyarakat di sekitar kawasan juga mendapatkan manfaat dari dunia kepariwisataan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan terus berupaya memaksimalkan pelbagai potensi di Kawasan Mandeh dan mengenalkannya ke calon investor.

"Jika serius maka kami serius pula menanggapi calon investor, jika pengurusan izin empat hari maka dalam waktu dua hari akan kami keluarkan," kata dia.

Namun bagi yang main-main pihaknya menegaskan jangankan mempermudah pengurusan izin, izin yang sudah dikeluarkan akan dicabut. (*)