Mahyeldi: Mari Bersama Ciptakan Bonus Demografi yang Berkualitas

id Mahyeldi Ansharullah, Bonus Demografi, Padang

Mahyeldi: Mari Bersama Ciptakan Bonus Demografi yang Berkualitas

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan kesempatan Indonesia untuk memiliki bonus demografi yang berkualitas dan produktif pada 2040 dapat diwujudkan dengan kerja sama masyarakat.

"Saat ini yang terpenting menyelamatkan generasi muda dari pelbagai ancaman seperti narkotika dan seks bebas," ujarnya dikonfirmasi di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan kerja sama ini dari yang terkecil lingkungan keluarga, orang tua bisa memperhatikan pergaulan anaknya.

Kemudian terus memberikan arahan positif untuk kemajuannya termasuk mengawasi perkembangan dalam kehidupan.

Dari sekolah guru menjadi pelindung dan pembina yang baik bagi siswa saat menuntut ilmu. Termasuk mengawasi pergaulannya di sekolah, seperti mengidentifikasi cara bergaul dan temannya, katanya.

Dalam mengajar juga terus diberikan pemahaman dan persepsi positif yang memberikan motivasi bagi siswa.

"Dengan terciptanya kondisi yang kondusif menjadi faktor pencapaian prestasi," ujarnya.

Dengan lahirnya generasi muda yang berkualitas menjadikan pemerintah bisa mengarahkan pada program pembangunan yang positif.

Dalam hal ini, tambahnya setiap program yang dicetuskan akan bermanfaat dan tepat sasaran.

Akan tetapi pada perjalanannya, sebutnya pengawasan dari publik perlu terus dilakukan untuk memperbaiki setiap kekurangan.

"Semua pihak harus mencegah tindakan negatif yang berujung pada kehancuran generasi muda," lanjutnya.

Sebagai contoh, kata dia saat ini banyak beredar informasi yang tidak benar atau hoaks di berbagai media massa dan sosial.

Baik langsung atau tidak berpengaruh pada kehidupan generasi muda, seperti reaksi dari ujaran kebencian atau penistaan.

"Dalam waktu yang lama dan jangkauan yang luas ini menjadi pemicu konflik di tengah masyarakat, korbannya generasi muda," sebutnya.

Dia mengajak seluruh masyarakat di Indonesia khususnya Padang untuk bersama menjaga pemuda hingga terciptanya bonus demografi tersebut.

Senada itu Rektor Universitas Andalas Padang, Prof Tafdil Husni berharap pelaku di perguruan tinggi bisa menjadi pionir membentuk generasi muda untuk bonus demografi tersebut.

Menurutnya dengan segala sumber daya yang ada perguruan tinggi amat berperan dalam penciptaan generasi yang berkualitas. (*)