Pemkot Padang Upayakan Penghijauan di Hulu Sungai

id Penghijauan, Hulu, Sungai, Padang

Pemkot Padang Upayakan Penghijauan di Hulu Sungai

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat mengupayakan penghijauan atau penanaman pohon di lahan kosong khususnya pada daerah hulu sungai.

"Beberapa hari lalu hulu sungai Batang Kuranji di Kelurahan Lambung Bukik telah ditanami, ke depan daerah kosong dan hulu sungai lainnya akan dilakukan serupa," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan ada dua manfaat saat melakukan penanaman ribuan pohon di Kecamatan Pauh tersebut yakni memanfaatkan lahan kosong sekaligus upaya meremajakan hulu sungai untuk antisipasi bencana banjir.

Penghijauan ini, tambahnya sekaligus juga memberikan keuntungan untuk masyarakat, sebagai gambaran di Pauh tersebut ditanam buah-buahan seperti durian, alpukat, sirsak, pala dan manggis.

Dengan harapan, ujarnya beberapa tahun mendatang dapat dipetik hasilnya namun keberadaan daerah tangkapan air tetap terjaga.

"Kami berharap hal ini tidak hanya dari pemerintah saja, namun ada inisiatif masyarakat melakukannya," kata dia.

Arahnya, menurutnya pada penyamaan persepsi bahwa kepentingan lahan di hulu sungai untuk keselamatan banyak orang.

Sekaligus juga untuk memberikan sumbangsih dalam peningkatan ekonomi kota.

Senada itu Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof Tafdil Husni mengatakan penghijauan di daerah hulu di Limau Manis juga jadi prioritas kampus tersebut dalam menjaga daerah tangkapan air.

Dia menyebutkan sejak belasan tahun lalu, Unand bersama mitra seperti PT Pertamina cukup konsisten melakukan penanaman pohon pada lokasi lahan gundul atau kosong.

Ke depan masih ada penanaman pohon di sekitar kampus dan Limau Manis tersebut, dia berharap terus adanya kerja sama dengan pemerintah. (*)