Tim Dinkes lakukan pemantauan dan supervisi posyandu di Ranah Ampek Hulu Tapan

id Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan ,berita pessel,berita sumbar

Tim Dinkes lakukan pemantauan dan supervisi posyandu di Ranah Ampek Hulu Tapan

Tim Dinkes lakukan pemantauan dan supervisi posyandu di Ranah Ampek Hulu Tapan

Painan (ANTARA) - Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pemantauan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam wilayah kerja Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Selasa (8/8).

Pelayanan Posyandu berada di sepuluh nagari di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Selain melakukan pemantauan, Tim Dinas Kesehatan juga melakukan supervisi Posyandu massal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, dr.Syahrizal Antoni, Kamis (10/8) di Painan mengatakan, pemantauan atau kunjungan lapangan tersebut dilakukan oleh seluruh anggota tim yang datang berjumlah 7 orang dan diberikan tugas dua orang setiap Posyandu yang tersebar di 4 Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan.

Adapun anggota tim yang melakukan pemantauan dan supervisi itu terdiri dari Kabid Kesmas, Apt. Fitria,S.Farm, Kasi Kesga Gizi, Ratih Pramutri,SKM beserta staf Kesga Gizi, Peni Febri,S>ST, Zulkanova, Amd.Keb, Meri Susanti,S.Gz, Ninik SYahrial,Amd.Keb dan Ulfa Golnarsih,Amd.Keb.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan jadwal penimbangan massal bulan Agustus tahun 2023. Adapun Posyandu yang dikunjungi antara lain Pustu Tebing tinggi (Posyandu Empat Sehat), Pustu Sungai Gambir, Nagari Talang Balarik (Posyandu Mawar Indah), Poskesri Binjai (Posyandu Belimbing), Poskesri Sungai Pinang (Posyandu Pinang Wangi 1).

Dikatakan, Posyandu merupakan upaya pemerintah daerah untuk memudahkan masyarakat Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Hal itu berguna untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Sementara itu Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris mengatakan, saat di posyandu tim melakukan pemeriksaan dan memastikan dengan benar penimbangan balita dan ibu hamil baik itu dilakukan oleh kader maupun petugas, mencatat hasil penimbangan di buku KIA atau KMS dengan tepat dan benar.

Lebih lanjut, juga dlihat kader saat mengisi buku register Posyandu, mengukur LILA ibu hamil, sesuai format yang telah diberikan per orangnya, kemudian membantu melakukan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi sesuai hasil penimbangan serta pemberian makanan tambahan.

Kesimpulan dari hasl supervisi kunjungan dan pemantauan posyandu masal ini siampaikan oleh tim Dinkes kepada petugas program Gizi, KIA, Promkes dan Imunisasi di Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan.

Masing-masing posyandu yang dikunjungi mendapat kritik dan saran yang mendukung dari tim supervisi yang nantinya kan menjadi pelajaran dan kemajuan pelayanan posyandu kedepannya.

Puskesmas Rahul mengucapkan terima kasih atas kunjungan supervise posyandu masal yang telah dilaksanakan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan.

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan adanya persamaan persepsi tentang standar pelayanan posyandu balita, baik itu dari segi pengukuran bayi, cara melakukan penimbangan, pemberian makanan tambahan dan memastikan APD yang digunakan oleh petugas kader Posyandu," tutupnya.