Disdikbud Sumbar Gelar Festival Teater untuk Komunitas Seni

id Disdikbud Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumatera Barat, mengadakan Festival Teater di Gedung Utama Taman Budaya Sumbar diikuti lima Komunitas Seni dari berbagai daerah, Senin.

"Pada awalnya direncanakan akan ada enam komunitas, akan tetapi pada festival kali ini hanya bisa diikuti oleh lima komunitas seni yang ada di Sumbar," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Sumbar, Gatot di Padang, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan dunia kesenian kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Selain melalui festival ini, Gatot menyebutkan pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan nantinya diharapkan juga akan ada kegiatan ekstra kurikuler tentang kesenian, termasuk seni peran atau teater.

"Setelah diadakannya beberapa kegiatan yang berhubungan dengan kesenian ini diharapkan akan muncul bibit-bibit baru yang akan mengisi dunia kesenian," katanya.

Lima komunitas yang berpartisipasi dalam festival ini adalah Komunitas Seni Intro, Teater Ruang Sambilan, Komunitas Seni Langit, Komunitas Seni Nan Tumpah dan Tanah Ombak.

Ia menambahkan penampilan-penampilan ini nantinya akan disaksikan oleh tiga orang pengamat dari kalangan teaterawan Sumbar seperti Muhammad Ibrahim Ilyas dan Syuhendri.

"Untuk Senin pagi akan dibuka dengan pementasan dari Teater Ruang Sambilan dengan judul Cadiak Patah, lalu setelah zuhur baru dilanjutkan oleh komunitas lainnya," ujarnya.

Salah seorang siswa dari SMK 9 Padang Faren (17) yang menjadi penonton dalam festival ini menyatakan senang menyaksikan kegiatan ini karena selain bisa mengenal seni pertujukannya juga menghibur.

"Penampilan ini sangat menghibur dan kita juga bisa mengambil pelajaran dari pementasan," katanya. (*)