Bupati Pasaman: Persiapan MTQ Ke-44 harus Matang

id MTQ, pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Yusuf Lubis meminta pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat kabupaten dipersiapkan dengan matang agar berjalan dengan baik dan lancar.

"Kemarin kita sudah mengumpulkan seluruh camat untuk membahas penyelenggaraan MTQ ke-44 ini," ujar Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Kamis.

Ia berharap pelaksanaan MTQ tahun ini harus lebih megah, meriah dan berkualitas sehingga dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik.

"Gembirakanlah seluruh warga masyarakat kita. Pelaksanaan MTQ ini harus meriah, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Ini untuk mewujudkan visi misi yang Pasaman yang agamis," katanya.

Ia menjelaskan MTQ ke-44 itu akan dilaksanakan di Nagari Tanjuang Batuang, Kecamatan Rao Selatan.

"MTQ ke-44 itu akan digelar selama empat hari yakni mulai 17 hingga 19 Oktober 2016," ujarnya.

"Rencananya MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Pasaman ini akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit," katanya.

Menurutnya, ada 22 cabang yang akan diperlombakan pada ajang Mushabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) kali ini untuk memperebutkan 276 piala.

Cabang yang diperlombakan ini diantaranya yakni cabang Qiraat Sab'ah, Tahfidz, Tartil, Tilawah, Khutbah Jumat, Musabaqah Fahmil Quran (MFQ), Kitab Standar, Khattil Quran (kaligrafi), Musabaqah Syahril Quran (MSQ), Bintang Qasidah, Musabaqah Makalah Quran (MMQ) dan lainnya.

Sementara itu Camat Rao Selatan, Darlis mengatakan seluruh persiapan pelaksanaan MTQ ini sudah dimatangkan.

"Tempat pelaksanaan dan pemondokan para kafilah serta fasilitas penunjang telah dipersiapkan. Seluruh umbul-umbul dan baliho juga sudah terpasang. Jadi, kita sudah siap melaksanakannya," ujarnya. (*)