389 ASN Bukittinggi Terima Satyalencana

id ASN, bukittinggi, satya lencana

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Sebanyak 389 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya.

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias saat menyerahkan penghargaan tersebut di Bukittinggi, Senin, mengatakan Satyalencana Karya Satya merupakan penghargaan dari negara atas kinerja ASN terhadap bangsa dan negara.

"ASN memiliki peran dalam menentukan keberhasilan pembangunan sehingga sebagai pelayan publik dapat menjadi perekat persatuan bangsa," katanya.

Selain itu, ASN juga harus memiliki perilaku bertanggungjawab, profesional, bermoral dan setia pada instansi dan negara.

Ramlan mengharapkan, penghargaan itu dapat mendorong ASN dapat bekerja lebih baik dalam melayani masyarakat serta terdorong untuk meningkatkan kemampuan.

Ia menyebutkan, saat ini pemerintah bersama DPRD sedang membahas rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) di mana selanjutnya beban kerja ASN akan semakin bertambah.

"Perombakan perangkat daerah itu akan menuntut bekerja lebih. Bila ada kesempatan untuk meningkatkan karir, kami harap agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi," lanjutnya.

Sementara, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Bukittinggi, Jondri menambahkan, total usulan penerima penghargaan Satyalencana Karya Satya 2016 dari Bukittinggi mencapai 411 orang ASN.

Namun hanya 389 orang karena 22 orang sisanya belum memenuhi syarat penilaian dari pemerintah pusat.

Ia merinci, penerima penghargaan tersebut terdiri dari 91 ASN menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 158 ASN untuk 20 tahun dan 140 ASN untuk 10 tahun.

"Kebanyakan penerima adalah guru. Kami harap, para penerima penghargaan menjadi sosok aparatur terbaik Pemkot Bukittinggi," tambahnya. (*)