Baznas Dharmasraya Bantu 780 Orang Jompo

id Baznas, Dharmasraya, Jompo

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), menyalurkan bantuan biaya hidup untuk 780 orang jompo di daerah itu.

Kepala Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, para jompo tersebut mendapat bantuan masing-masing sebesar Rp500.000.

"Untuk Kecamatan Pulau Punjung saat ini kami serahkan sebanyak 91 orang jompo yang terdiri di enam nagari, sedangkan kecamatan lainnya akan menyusul," ujarnya.

Ia menambahkan, data penerima bantuan langsung diterima dari pihak pemerintah nagari (desa adat) yang mengusulkan setiap Jorong (dusun) akan ada tiga para jompo.

Menurut dia, metode pendataan seperti ini bertujuan agar penyaluran bantuan Baznas tepat sasaran dan merata bagi seluruh warga daerah itu.

"Data yang diusulkan akan kami verifikasi lapangan terlebih dahulu, apakah data usulan di lapangan sesuai atau tidak," lanjutnya.

Bantuan ini, jelasnya, selain langsung diserahkan oleh petugas Baznas Dharmasraya dan sebagian penerima langsung menjemput ke kantor Baznas.

Ia menambahkan, total keseluruhan dana yang disalurkan Baznas Dharmasraya untuk para jompo adalah sebanyak Rp390 juta.

Salah seorang penerima bantuan, Nursani (73) warga Pulau Punjung, mengungkap syukur dan terima kasih atas bantuan yang ia terima.

"Alhamdulillah sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uangnya juga sudah cukup untuk saya," sebutnya. (*)