DPRD Pariaman Dukung Pelatihan Nakhoda Kapal Wisata

id DPRD Pariaman

Pariaman, (Antara) - DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat, mendukung rencana pemerintah setempat untuk memberikan pelatihan dan pembinaan bagi nakhoda kapal wisata di daerah itu.

Wakil Ketua DPRD setempat, Syafinal Akbar, di Pariaman, Selasa, mengatakan dukungan tersebut ditujukan agar seluruh pemilik kapal atau nakhoda memiliki keterampilan dan kemampuan khusus dalam mengoperasikan Kapal Motor (KM) di perairan kota itu.

"Kita harapkan program dilakukan secepatnya agar para wisatawan yang berkunjung ke Pariaman tidak merasa was-was ketika menaiki kapal wisata," kata dia.

Ia meneruskan pemberian pelatihan dan pembinaan tersebut dinilainya merupakan suatu kewajiban yang harus diberikan kepada pemilik kapal sehingga memiliki kemampuan lebih.

"Jika pelatihan sudah dilakukan harus disertai dengan sertifikat resmi sehingga para nakhoda kapal dibekali dengan ilmu dan legalitas yang sah," jelasnya.

Terkait insiden kapal wisata yang terbalik akibat hempasan ombak pada Minggu siang (29/5) di daerah tersebut, pihaknya meminta kepada dinas terkait untuk menindaklanjuti agar seluruh kapal di daerah itu difokuskan pada satu titik pemberangkatan.

"Kedepan diharapkan jangan ada lagi persoalan seperti itu terjadi, peraturan, imbauan serta izin seluruh kapal wisata harus dipertegas sehingga tidak menimbulkan masalah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, mengatakan dalam waktu dekat instansi yang dipimpinnya merencanakan pemberian pelatihan dan pembinaan kepada pengusaha, pemilik dan nakhoda kapal.

"Secepatnya akan kita lakukan, tujuannya sekaligus bagaimana mendukung kemajuan sektor pariwisata yang memiliki Sumber Daya Manusia berkualitas," ujarnya.

Selain memberikan pelatihan dan pembinaan dinas terkait juga telah melakukan pengecekan izin dan kelayakan seluruh kapal wisata di daerah itu.

"Kita sudah lakukan pengecekan kelayakan kapal termasuk masa aktif atau jangka izin yang diberikan karena sifatnya berkala," jelasnya. (*)