Warga Apresiasi Perbaikan Jembatan Gunung Nago Padang

id Jembatan Gunung Nago Padang

Padang, (Antara) - Sejumlah warga yang tinggal di Kecamatan Kuranji dan Pauh Kota Padang, Sumatera Barat, mengapresiasi upaya pemerintah memperbaiki Jembatan Gunung Nago yang menghubungkan kedua daerah tersebut.

"Cukup tepat jembatan tersebut diperbaiki sebab merupakan jalur alternatif penting dan cukup padat," kata salah satu warga Pauh, Padang, di Syafriadi, di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan sebelum mendapat perbaikan dua hari lalu lempeng yang menempel pada kayu di jembatan tersebut lepas sehingga saat kendaraan lewat, kayu hancur dan bolong.

Hal ini membahayakan karena berada tepat di tengah dan sisi jembatan. Sebab bila dibiarkan dapat menjadi runtuh dan membahayakan masyarakat.

Bahkan katanya, beberapa hari lalu pemuda sekitar sampai merelakan diri menginjak lempeng yang lepas tersebut untuk menolong warga melintas.

Untuk itu katanya ,ada perbaikan ini membuktikan pemerintah cepat tanggap dalam mengatasi kerusakan sarana prasarana.

Dia berharap sarana lain seperti jalan menuju jembatan di daerah Simpang Pasir Pauh segera mendapat perbaikan karena sudah banyak lubang dan banyak yang hancur badan jalannya.

Warga lain Jasma, juga mengapresiasi perbaikan jembatan tersebut.

Menurut dia jembatan tersebut sangat penting bagi beberapa warga yang tinggal di Kuranji sekitarnya dan bekerja di Pauh atau Lubuk Kilangan.

Selama ini, kata dia pengendara motor harus berhati-hati melewati jalan tersebuy karena banyak lempeng yang lepas sehingga jembatannya bolong.

Dengan adanya perbaikan tersebut imbuhnya, akan melancarkan kembali jalur alternatif tersebut sebab bila melewati jalur biasa jalan raya melalui By Pass akan macet dan padat, ujarnya yang mengaku tinggal di Kalawi tersebut.

Sementara warga lain yang merupakan dosen Universitas Andalas, Gusti Asnan berharap tidak hanya perbaikan sementara saja namun juga ada upaya mempermanenkan dari jembatan tersebut.

Sebab menurutnya jalan tersebut telah menjadi jalur alternatif strategis, bahkan di peta google telah dibuat sebagai jalan alternatif menuju bandara Internasional Minangkabau.

Dengan permanennya jalan tersebut diharapkan lalu lintas Kuranji ke Pauh atau sebaliknya serta menuju By Pass berjalan lancar, ujarnya.

Di tempat terpisah Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi mengatakan bahwa pihaknya secara bertahap akan memperbaiki infrastruktur yang rusak di kota.

Menurutnya semua bergantung pada kepentingan dan skala prioritas sarana tersebut bagi masyarakat.(*)