Forum SKPD Tanah Datar Bahas Rencana Pembangunan Daerah

id Rencana Pembangunan Daerah, Tanah Datar

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanah Datar membahas rencana pembangunan daerah 2017 untuk sinkronisasi hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Sinkronisasi dan integrasi hasil Musrebang kecamatan ke dalam program pembangunan daerah sangat diperlukan, kata Asisten I Bidang Administrasi Umum Setdakab Tanah Datar, Azwar Rabain di Pagaruyung, Rabu.

Ia menyampaikan pembangunan daerah Tanah Datar 2017 bertemakan mewujudkan masyarakat madani melalui peningkatan sumberdaya manusia dan daya saing perekonomian daerah.

Dalam menyusun perencanaan pembangunan, kita harus memahami mekanisme dan prosedur yang berlaku, sehingga program bisa berjalan efektif, efesien dan profesional, sebutnya.

Ia menjelaskan dalam menyusun perencanaan pembangunan juga harus melihat tingkat pencapaian yang diraih pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi Tanah Datar tahun 2014 sebesar 5,78 persen, sementara tahun 2015 menjadi 5,85 persen, hal ini harus menjadi perhatian kita semua, ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pelaksana Pembangunan Daerah (Bappeda) Benny Sakti menyampaikan pada 2017 ini adalah tahun kedua masa kepemimpinan Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri Darma, sehingga dalam menyusun program harus sesuai dengan visi dan misi pembangunan.

Disamping itu skala prioritas juga berpedoman kepada agenda pembangunan daerah dengan mencermati perkembangan ekonomi nasional, katanya.

Ia juga mengharapkan dalam mencermati kondisi daerah dan alam Tanah Datar, SKPD diminta merencanakan program pembangunan yang berkaitan dengan antisipasi bencana, mitigasi bencana maupun penanganan pasca bencana.

Dalam forum ini diharapkan dapat menyelaraskan program hasil Musrenbang Kecamatan dengan SKPD, mempertajam indikator dan juga menyelaraskan program pembangunan antar SKPD. (*)