Tanah Datar Diminta Perhatikan Mutu Pendidikan

id mutupendidikan

Batusangkar, 21/2 (Antara) - Tokoh Pendidikan Nasional Prof. Fasli Djalal meminta Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, untuk memperhatikan mutu dan kualitas pendidikan di daerah itu. Mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia jauh tertinggal bila dibandingkan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, katany saat bertemu dengan bupati Tanah Datar dan jajarannya di Batusangkar, Minggu.

Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional ini menerangkan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini dimana dalam sebuah uji kelulusan antar negara di dunia, mutu pendidikan Indonesia berada di kisaran tiga terbawah.

Tentu fakta ini membuat kita miris sekali dan perlu ada kajian mendalam apa yang salah dengan dunia pendidikan kita, tambahnya.

Ia mengharapkan kepada kepala daerah yang baru dilantik agar tetap memperhatikan sektor pendidikan sebagai salah satu program unggulan pembangunan.

"Mutu pendidikan Indonesia di dunia masih sangat rendah, mutu pendidikan Sumbar di tingkat nasional pun termasuk rendah, namun saya berharap Tanah Datar tidak begitu, katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan terima kasih atas kedatangan dan harapan tokoh pendidikan Fasli Jalal dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Pemerintah daerah tetap komit dalam meningkatkan mutu pendidikan, apalagi Tanah Datar menjadi yang terbaik sebagai pengelola pendidikan dan yang meluluskan siswa terbanyak ke perguruan tinggi negeri favorit selama empat tahun beturut-turut, tambahnya.

Prestasi ini tentu bisa dijadikan patokan bahwa kualitas dan mutu pendidikan di Tanah Datar sudah cukup baik, katanya.

Bupati menyampaikan agar segenap masyarakat dan instansi terkait bersama-sama mempertahankan dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan daerah ini.

Mutu dan kualitas lulusan adalah hal utama dalam pendidikan, karena lulusan yang bermutu tentu akan mampu bersaing di era globalisasi ini, sebutnya. *