Pengurus DPP insa 2015-2019 Resmi Dilantik

id Pengurus DPP

Jakarta, (Antara) - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Pelayaran Niaga Nasional periode 2015-2019 dengan Ketua Umum Carmelita Hartoto resmi dilantik.

Carmelita Hartoto di Jakarta, Jumat, mengatakan pembentukan pengurus oleh Ketum dan Formatur Pendamping sebagaimana telah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Insa.

Carmelita mengimbau seluruh pengurus agar kepengurusan periode 2015-2019 lebih solid untuk menghadapi tantangan yang lebih besar.

"Pengurus Insa 2015-2019 harus bekerja lebih keras untuk melayani seluruh anggota dan memberikan kontribusinya untuk kemajuan industri pelayaran nasional," katanya.

Untuk mewujudkan tujuan sebagai penggerak utama dalam pelayaran nasional, Carmelita mengatakan telah menyusun program kerja.

Dia menyebutkan salah satu fokus dari program kerja tersebut, yakni meningkatkan daya saing industri pelayaran nasional.

"Bagaimana kami mendorong pemerintah untuk berkontribusi aktif dalam efisiensi dan peningkatan daya saing nasional, memaksimalkan armada meerah putih untuk angkutan domestik dan ekspor-impor," katanya.

Carmelita merinci upaya yang dilakukan, antara lain meringankan atau membebaskan bea masuk kapal impor agat tidak dikenakakan untuk jenis kapal yang belum mampu diadakan di dalam negeri.

Kedua, lanjut dia, mendorong sektor perbankan agar emberikan insentif bunga yang kompetitif bagi dunia pelayaran.

"Kami akan memperjuangkan agara Menteri Keuangan memberikan relaksasi di bidang fiskal untuk industri dengan memberikan PPN tidak dibungut untuk pmbelian BBM kapal kegiatan untuk kegiatan domestik," katanya.

Terkait asas "cabotage", Carmelita akan melakukan kerja sama dnegan pihak terkait agar mendapatkan volume muatan ekspor-impor dengan armada merah putih.

"Termasuk mengupayakan agar subsidi untuk tol laut tidak bersinggungan dengan rute yang sudah dilayani oleh pelayaran swasta nasional selama ini," katanya. (*)