DKR Apresiasi RRI Selenggarakan Festival Film HAM

id DKR Apresiasi RRI

Jakarta, (Antara) - Dewan Kreatif Rakyat mengapresiasi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia yang sukses menyelenggarakan Malam Puncak Perayaan Festival Film Internasional mengenai Hak-hak Asasi Manusia pada 18 Januari 2016.

Informasi dari DKR, di Jakarta, Rabu, menyebutkan, keberhasilan penyelenggaraan puncak acara festival film internasional itu membuktikan RRI sebagai "media partner" (mitra media), sekaligus penyelenggara event internasional yang membanggakan.

Kesediaan RRI menyelenggarakan acara yang dihadiri para sineas dari dalam dan luar negeri serta para aktivis HAM dan pejabat publik itu, juga dinilai sebagai bentuk kepedulian dan penghormatan lembaga penyiaran publik itu terhadap HAM.

Pada acara yang berlangsung di Auditorium Yusuf Ronodipuro RRI itu, diumumkan pemenang film terbaik "World Human Right Award" (WHRA), yakni film "People of Nowhere" besutan sutradara Lior Sperandeo. Film dokumenter itu memotret perjalanan sang sineas ke Lesvos Yunani.

Sperandeo merekam pergumulan berat para pengungsi Suriah di Yunani yang berharap dapat bertahan hidup.

Sang sineas juga bertemu relawan dari seluruh dunia yang membantu para pengungsi. Mereka bekerja tanpa membedakan ras, agama, dan latar belakang masing-masing.

Disebutkan pula, film-film pemenang WHRA dan mitra festival lainnya akan diputar di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta secara gratis mulai 21 sampai 27 Januari 2016.

Sebelumnya, film yang dilombakan untuk meraih WHRA itu mencapai 215 film dari seluruh dunia.

Direktur Utama RRI, Rosarita Niken Widiastuti, pada Malam Puncak Perayaan Festival Film WHRA mengemukakan, kepedulian dan penghormatan terhadap HAM harus diwujudkan secara bersama-sama.

Acara itu antara lain dihadiri oleh Ketua Dewan Penasehat DKR Lilik Wahid, Sekjen DKR Dedeh Kurniasih, Duta DKR Roro Fitria, dan artis Dorce Gamalama.

Selain itu, hadir pula Damien Dematra selaku pendiri dan direktur dari festival film tersebut.

Dirut RRI lebih lanjut mengemukakan, pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan festival film tentang HAM tersebut, terlebih semua agama di dunia menghormati HAM karena membawa pesan perdamaian dan kasih sayang kepada segenap umat manusia.

Ia menambahkan, RRI dan media massa di Tanah Air berkomitmen untuk selalu menyuarakan penghormatan terhadap HAM yang juga menyangkut kebebasan berpendapat serta keleluasaan melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar