Ingin Hidup Sehat, Terapkan Perilaku Cerdik dan Patuh

id Hidup, Sehat

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat mengimbau masyarakat setempat untuk menerapkan "Perilaku Cerdik dan Patuh" agar hidup sehat di masa muda dan tua.

"Beragam kesibukan yang dilakukan sehari-hari kadang membuat masyarakat lupa dengan pola hidup sehat, jadi kami imbau masyarakat untuk menerapkan perilaku cerdik dan patuh agar tetap sehat," kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Bencana Dinkes Sumbar, Irene di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, perilaku cerdik tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang sehat dan belum terserang penyakit apapun, sementara perilaku patuh bagi yang telah terkena penyakit.

Perilaku cerdik yang harus diterapkan diantaranya berupa memeriksakan (cek) kondisi kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin melakukan aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang.

"Masyarakat perlu memperhatikan pola diet, tidak sekedar mengurangi porsi makan sehari, namun tetap harus memperhatikan asupan gizinya," ujarnya.

Selain itu, istirahat yang cukup dan kendalikan stres juga menjadi bentuk perilaku hidup sehat bagi kalangan yang masih sehat dan belum diserang penyakit apapun.

Sementara perilaku patuh berupa periksa kesehatan secara rutin, atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat, tetap diet sehat dan gizi seimbang, upayakan beraktivitas fisik dengan aman dan hindari rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Kepala Puskesmas Padang Pasir Kota Padang Winanda Amalia mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat sekitar puskesmas tersebut agar selalu menerapkan perilaku hidup sehat.

"Kegiatan penyuluhan dilakukan di dalam dan luar gedung, tujuannya agar masyarakat memahami pola hidup sehat itu seperti apa," ujarnya.

Ia mengatakan, penyuluhan di dalam gedung dilakukan sebelum pelayanan dimulai sementara penyuluhan di luar gedung dilakukan dengan mendatangi langsung warga oleh petugas puskesmas. (cpw)