BKGN Perluas Jangkauan Edukasi Kesehatan Gigi

id BKGN Perluas Edukasi

Padang, (Antara) - Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) terus berupaya memperluas jangkauan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat di Indonesia.

"Saat ini terdapat 25 Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang yang didukung oleh sekitar 1.250 dokter gigi di seluruh Indonesia," kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang, Okmes Fadriyanti pada acara BKGN yang diselenggarakan di universitas tersebut, Rabu.

Ia mengatakan PDGI dan seluruh dokter gigi itu terlibat menyukseskan BKGN 2015 melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama melalui edukasi, pengabdian dan penelitian.

Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, Ratu Mirah Afifah menambahkan, sejak 2010 BKGN giat mengedukasi serta memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat luas.

"Untuk mengetahui manfaat penyelenggaraan BKGN bagi masyarakat, Pepsodent telah menyelenggarakan survei BKGN di enam kota pada 2014 yang hasilnya cukup bagus," ujarnya.

Ia menjelaskan hasil survei menunjukkan perilaku hidup sehat terutama pada generasi muda sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terlihat dari kebiasaan menyikat gigi yang sudah baik.

"Sebanyak 63 persen mengaku telah menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, bahkan 23 persen di antaranya menyikat gigi hingga tiga kali sehari," jelasnya.

Selain itu hasil survei juga menunjukkan bahwa 24 persen responden adalah partisipan BKGN tahun sebelumnya dan sebanyak 33 persen responden tidak memeriksakan gigi selama lebih dari satu tahun, turut ikut memeriksakan kondisi giginya pada BKGN tahun lalu.

"Kami berharap melalui edukasi yang diberikan dalam BKGN dapat menumbuhkan kesadaran masyarakt untuk menyikat gigi di waktu yang benar dan memeriksakannya secara rutin setiap enam bulan sekali," ujarnya.

Di Sumbar BKGN diselenggarakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang pada 9 hingga 11 November 2015. (*)