Indonesia inisiatif perluas pemanfaatan dana COVID-19 ASEAN

id Budi gunadi Sadikin

Indonesia inisiatif perluas pemanfaatan dana COVID-19 ASEAN

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (tengah) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi (kanan) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu memberikan keterangan pers terkait pertemuan ASEAN Tingkat Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan (AFHMM) di Jakarta, Kamis (24/8/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan inisiatif untuk memperluas pemanfaatan dana eksisting penanggulangan COVID-19 di negara kawasan ASEAN untuk menghadapi pandemi di masa depan.

"Yang kemarin sudah ada untuk COVID-19, yakni ASEAN Fund for COVID-19. Total dananya sekitar 17,7 juta Dolar AS dan sudah dipakai sebagian untuk COVID-19," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi dalam konferensi pers ASEAN Finance-Health Ministers Meeting (AFHMM) di Jakarta, Kamis.

Pada pertemuan yang melibatkan menteri kesehatan dan menteri keuangan negara-negara kawasan ASEAN itu, Indonesia mengusulkan agar dana eksisting tersebut diperluas pemanfaatannya bukan hanya untuk COVID-19, tetapi bisa untuk menghadapi pandemi di masa depan.

"Gap (dana eksisting) tadi sudah dihitung. Tapi tadi masukan saat meeting tolong dihitungnya tidak terkotak-kotak karena masing-masing memiliki anggaran untuk respons pandemi masa depan," katanya.

Dikatakan Budi, dana penanggulangan COVID-19 saat ini juga tersedia di setiap negara anggota ASEAN. Inisiatif Pandemic Fund merupakan respons negara ASEAN untuk mengintegrasikan pencegahan dan respons pandemi di masing-masing negara maupun secara global.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia berinisiatif perluas pemanfaatan dana COVID-19 ASEAN