Perluas Pasar, PLN Ajak UMKM Gunakan "Marketplace" PLN Mobile

id PLN Mobile,PT PLN,PLN UID SUMBAR,berita sumbar

Perluas Pasar, PLN Ajak UMKM Gunakan "Marketplace" PLN Mobile

Perluas Pasar, PLN Ajak UMKM Gunakan "Marketplace" PLN Mobile

Limapuluh Kota (ANTARA) - Para pelaku UMKM saat ini tengah menjadi primadona pemerintah untuk membangun perekonomian Indonesia. Khususnya pasca penurunan pertumbuhan ekonomi pandemi Covid-19 berkepanjangan yang baru saja berlalu.

Mendukung pemberdayaan UMKM, PLN turut menghadirkan salah satu fitur dalam PLN Mobile khusus untuk memudahkan pelaku UMKM memasarkan hasil produknya ke pelanggan, yaitu fitur “Marketpace”.

Fitur “Marketplace” awalnya ditujukan untuk mendukung UMK binaan PLN Group, baik dari unit PLN, anak perusahaan, Rumah BUMN, hingga Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN atau wadah amil zakat pegawai muslim PLN. Namun kini, berbagai UMKM dalam negeri dan pelaku bisnis dari berbagai bidang telah tergabung dalam fitur ini guna memperluas pasar.

Untuk mengajak lebih banyak pelaku UMKM menggunakan fitur “Marketplace”, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh sosialisasikan fitur ini kepada lebih dari 30 pelaku UMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di Aula Dinas Koperindag, Rabu (13/09).

Disampaikan Wilsriza, Manager PLN UP3 Payakumbuh, terintegrasinya “Marketplace” dengan PLN Mobile membuat audiens fitur ini dipastikan besar, yaitu bisa mencakup seluruh pelanggan PLN. Masyarakat atau pelanggan juga dapat diuntungkan dengan adanya “Marketplace” karena dapat langsung berbelanja untuk ikut membantu pemberdayaan UMKM pun juga memenuhi kebutuhan listriknya dalam satu aplikasi sekaligus.

‘’PLN juga sering mengadakan program bundling, seperti program promo tambah daya dengan nomor voucher yang didapatkan setelah berbelanja di “Marketplace”. Jadi kami memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM. Hal ini tentunya demi pertumbuhan perekonomian Indonesia,’’ sampai Wilsriza.

Disampaikan Wilsriza, melalui layanan “Marketplace” PLN Mobile, pelaku UMKM dapat membuka toko secara online kemudian mempromosikan dan menjual hasil produk mereka kepada masyarakat yang lebih luas. Wilsriza berharap, lebih banyak UMKM di Kabupaten Lima Puluk Kota dan sekitarnya yang semakin berdaya melalui fitur ini.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Lima Puluh Kota Rahmat Hidayat menyampaikan, akan sangat bermanfaat bagi UMKM jika menggunakan fitur “Marketplace” dengan maksimal. ‘’Ini bisa menjadi peluang bisnis, memperluas pelanggan, bahkan dapat memperbesar omzet asalkan dikelola dengan baik. Terima kasih banyak kepada tim dari PLN. Semoga dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memperkenal produk-produk lokal daerah,’’ lanjutnya.*