BMKG Tambah Stasiun Iklim di Yogyakarta

id BMKG, Tambah, Stasiun, Iklim

Yogyakarta, (AntaraSumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara resmi menambah stasiun pengamatan iklim di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta guna mengamati fenomena klimatologi di kawasan itu.

"Pembangunan Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca BMKG ini menjadi bagian pelayanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika di Yogyakarta dan sekitarnya," kata Sekretaris Utama (Sestama) BMKG Widada Sulistya di kawasan Jalan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu.

Stasiun klimatologi itu akan menjadi sarana pengumpul informasi iklim di area Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain peresmian stasiun pengamatan iklim, BMKG juga sedang membangun fasilitas sistem radar cuaca.

"Dengan terbangunnya Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca BMKG ini diharapkan seluruh warga Yogyakarta bisa mendapatkan pelayanan informasi cuaca, iklim, dan kegempaan lebih cepat, tepat, dan akurat," katanya.

Manfaat dari penambahan dua fasilitas pengamatan fenomena alam ini, kata Widada, akan memudahkan masyarakat untuk mengantisipasi berbagai kejadian alam.

Berbagai kejadian alam tersebut, antara lain munculnya fenomena-fenomena cuaca dan iklim ekstrem.

Lebih dari itu, katanya, data-data yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pembangunan Yogyakarta dan Indonesia.

BMKG, kata Widada, sebelumnya telah membangun Stasiun Geofisika di Gamping, Sleman, Yogyakarta yang berfungsi mengamati aktivitas kegempaan di area tersebut. (*)