Kemensos tambah peralatan dan logistik dapur umum di lokasi banjir

id dapur umum,mensos risma,bantuan korban banjir,korban banjir

Kemensos tambah peralatan dan logistik dapur umum di lokasi banjir

Seorang anggota tagana bersama warga menanak nasi di dapur umum Nagari (Desa) Ganting Mudik Utara Surantih, Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Kabupaten Pesisir Selatan (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan menambah peralatan dan bahan makanan di dapur umum untuk memperbanyak stok logistik siap saji bagi korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Dapur umum di Nagari (Desa) Ganting Mudik Utara Surantih, Kecamatan Sutera akan kita perbesar," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis.

Risma mengatakan peralatan yang berada di Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan akan ditarik dan dipusatkan di dapur umum Nagari Ganting Mudik Utara Surantih.

Saat mengunjungi lokasi banjir dan tanah longsor, mantan Wali Kota Surabaya tersebut berdiskusi dengan ibu-ibu yang memasak di dapur umum. Warga setempat sepakat penambahan peralatan dapur untuk menambah jumlah logistik siap saji.

"Peralatan tambahan sedang menuju ke lokasi utama dapur umum. Kemudian, untuk bahan makanan kita tidak kesulitan," ucap Risma.

Risma menyampaikan bahwa tidak akan menambah jumlah dapur umum ke lokasi-lokasi lain dan memilih memfokuskan penambahan peralatan serta bahan makanan di dapur umum utama yang berada di Nagari Ganting Mudik Utara Surantih.

Pertimbangannya, kata dia, apabila membangun atau menambah jumlah dapur umum baru maka akan membutuhkan usaha lebih termasuk menyiapkan sumber daya manusianya.

Menurut dia, posisi dapur umum yang didirikan di Nagari Ganting Mudik Utara Surantih sudah tepat. Sebab, dari lokasi itu pendistribusian logistik ke beberapa titik yang masih sulit diakses seperti Korong (Dusun) Batu Bala dan Langgai tidak terlalu sulit.

"Distribusi logistiknya bisa pakai sepeda motor. Artinya, tidak terlalu sulit," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos tambah peralatan dan logistik dapur umum di lokasi banjir