Mahasiswa Dilibatkan Dalam Seminar Nasional Kepustakaan

id Seminar, Pustakawan, nasional

Padang, (AntaraSumbar) - Sejumlah mahasiswa jurusan perpustakaan dari dua universitas di Sumatera Barat (Sumbar) diikutsertakan sebagai panitia dan peserta dalam Kongres XIII Ikatan Pustakawan Indonesia dan Seminar Nasional Kepustakaan di Hotel Inna Muara Padang, 6 hingga 9 Oktober 2015.

"Kita mengharapkan acara tingkat nasional ini tidak saja memberikan kontribusi positif terhadap Ikatan Pustakawan Indonesia, tetapi juga bisa memberikan pengalaman dan ilmu bagi calon pustakawan dari Sumbar," kata Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis di Padang, Senin.

Dia berharap, pengalaman dan ilmu yang didapatkan dalam acara tersebut akan bisa menciptakan calon pustakawan handal pada masa yang akan datang.

"Pustakawan adalah salah satu komponen penting dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah bangsa, karena itu harus memiliki kompetensi yang baik. Ini adalah salah satu upaya untuk itu," katanya.

Salah seorang mahasiswa, Ayu (20) mengapresiasi kebijakan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, acara tingkat nasional yang berhubungan langsung dengan ilmu yang sedang mereka tuntut, tidak ada setiap hari.

"Ini memberikan kesempatan bagi kami untuk menambah pengetahuan terkait ilmu yang sedang kami tuntut di universitas," katanya.

Kongres XIII Ikatan Pustakawan Indonesia dan Seminar Nasional tentang Perpustakaan di Sumbar merupakan amanat dari Kongres sebelumnya di Palembang pada 2012.

Dalam kongres tersebut, akan dibicarakan sejumlah persoalan tentang IPI dan kesejahteraan pustakawan di Indonesia. (*)