Kepala LLDIKTI Wilayah X berharap literasi digital tingkatkan kemampuan pustakawan PTS

id Berita Padang, Sumbar, LLDIKTI, wilayah x

Kepala LLDIKTI Wilayah X berharap literasi digital tingkatkan kemampuan pustakawan PTS

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Dr Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Dr Herri berharap kegiatan literasi digital dapat meningkatkan kemampuan pustakawan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kerjanya yakin Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumbar.

"Literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern saat ini," ujar dia, saat di Padang, Minggu.

Menurut dia para pustakawan harus menguasai literasi informasi serta literasi lainnya, sehingga pustakawan dapat mengembangkan kegiatan literasi informasi di lingkungan sekitarnya.

"LLDIKTI Wilayah X sebagai bagian dari lembaga pemerintah berkewajiban membina dan mengembangkan kompetensi pustakawan PTS," ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan tidak hanya dalam hal pengelolaan perpustakaan, tetapi yang tidak kalah pentingnya yaitu layanan perpustakaan.

Ia juga mengatakan pelatihan literasi digital dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan pustakawan, serta untuk membangun jaringan kerja sama antar perpustakaan dan juga dengan narasumber.

“Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, juga dapat meningkatkan komitmen pustakawan dalam memberikan layanan kepada pemustaka, baik mahasiswa maupun dosen,” kata dia.

Selain itu, ia juga mengatakan sebelumnya LLDIKTI Wilayah X juga telah mengadakan kegiatan literasi digital bagi pustakawan Perguruan Tinggi Swasta selama dua hari.

"Yakni pada Kamis (22/10) untuk pustakawan PTS di wilayah Sumbar dan Jambi. Kemudian pada Jumat (23/10) untuk pustakawan PTS di wilayah Riau dan Kepulauan Riau," kata dia. (*)