Padang Panjang bentuk FPSD dukung kegiatan literasi

id Forum Pustakawan Sekolah Dasar,Literasi Padang Panjang

Rapat pembentukan Forum Pustakawan Sekolah Dasar (FPSD) Padang Panjang beberapa waktu lalu. (Antara Sumbar/ FPL Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), membentuk Forum Pustakawan Sekolah Dasar (FPSD) yang diharapkan menjadi sarana pendukung kegiatan literasi di daerah itu.

"Lewat forum tersebut, para anggotanya dapat berbagi ide untuk melahirkan kegiatan-kegiatan pendukung Padang Panjang Kota Literasi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Alvi Sena di Padang Panjang, Senin.

Daerah itu sebelumnya pada Mei 2018 telah dicanangkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional M Syarif Bando sebagai Kota Literasi dan FPSD menjadi wujud bahwa literasi di daerah itu terus berjalan.

Para pustakawan jenjang SD yang sebelumnya hanya fokus bekerja di perpustakaan sekolah masing-masing, lewat FPSD diminta aktif di forum tersebut merencanakan kegiatan literasi bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Forum Pegiat Literasi (FPL) setempat.

Di tahap awal pihaknya baru mewadahi pembentukan forum pustakawan di jenjang SD dan ditargetkan selanjutnya pustakawan di jenjang SMP dan SMA juga dapat membentuk wadah serupa.

Di samping wadah pendukung kegiatan literasi, FPSD ditargetkan juga menjadi wadah menyiapkan pustakawan mengikuti lomba-lomba perpustakaan.

"Setiap tahun ada lombanya hanya saja Padang Panjang baru mampu mengutus pustakawan hingga tingkat provinsi. Belum bisa lebih jauh dari itu," ujarnya.

Sebagai tempat berkumpulnya pustakawan untuk berbagi ide diharapkan forum tersebut juga dapat membantu meningkatkan daya saing para pustakawan daerah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar