KONI Agam Usulkan Rp2,5 Miliar untuk Bina Atlet

id KONI Agam

Lubuk Basung, (Antara) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengusulkan dana sebesar Rp2,5 miliar dalam RAPBD 2016 kepada pemerintah setempat untuk pembinaan atlet dan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar di Kota Padang.

Ketua KONI Kabupaten Agam Martias Wanto di Lubuk Basung, Sumbar, Selasa, mengatakan dana sebesar Rp2,5 miliar ini telah diusulkan pada kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) untuk rancangan pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Agam 2016.

"Usulan sebesar Rp2,5 miliar ini sama saat pelaksanaan Porprov Sumbar di Kabupaten Dharmasraya pada 2014," kata Martias Wanto.

Dana ini, tambahnya, akan digunakan untuk pembinaan atlet jelang Porprov, dana pelaksanaan selama kegiatan dan lainnya.

Ia menambahkan, dana ini belum termasuk untuk kegiatan pra Porprov dalam mencari atlet yang akan dikirim saat Porprov, karena saat ini belum ada petunjuk dari KONI Provinsi Sumbar.

"Kita masih menunggu petunjuk pelaksanaan pra Porprov dari KONI Sumbar. Mudah-mudahan kita menerima petunjuk ini dalam waktu dekat, sehingga kita bisa mengajukan dana untuk pelaksanaan pra Porprov ini," katanya.

Pada Porprov Sumbar nanti, tambahnya, KONI Agam menargetkan masuk tiga besar dalam perolehan medali.

Untuk mencapai target ini, KONI Kabupaten Agam melalui cabang olahraga melakukan persiapan atlet, mengutamakan atlet yang memperoleh medali pada Porprov sebelumnya dan lainnya.

Ia menambahkan, perolehan medali Kabupaten Agam saat Porprov Sumbar terus mengalami peningkatan. Pada Porprov XIII di Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Agam berhasil menduduki peringkat empat dengan 46 medali emas, 45 medali perak dan 59 medali perunggu.

Sedangkan pada Porprov XII di Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam berada pada peringkat lima dengan 16 medali emas, 17 medali perak dan 20 medali perunggu. (*)