Wagub : Keluarga Harmonis Merupakan Benteng Cegah Narkoba

id Keluarga Harmonis Benteng Cegah Narkoba

Padang, (Antara) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Muslim Kasim mengatakan keluarga yang harmonis merupakan benteng kuat untuk mencegah anggota keluarga dari jeratan narkoba.

"Jadikan keluarga sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak, sehingga mereka tidak mencari kesenangan di luar rumah," katanya pada upacara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman Padang, Rabu.

Ia mengajak para orang tua untuk tidak terlalu sibuk dengan pekerjaan dan dalam sehari harus meluangkan waktu buat anak-anak mereka.

"Luangkan waktu untuk anak-anak, mereka diam bukan berarti tidak ada masalah," jelasnya.

Kebanyakan para pecandu narkoba adalah mereka yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis dan orang tua yang sibuk.

"Berikan mereka tempat yang menyenangkan dan jangan biarkan mereka mencari tempat yang salah di luar," jelasnya.

Sementara Kepala BNNP Sumbar, Kombes Pol Arnowo mengajak para pecandu narkoba untuk melapor ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) terdekat atau pun langsung ke BNNP .

"Segera melapor dan akan kami lakukan rehabilitasi dan tidak dipungut biaya," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif menyebarluaskan informasi terkait adanya program rehabilitasi 100 ribu pecandu narkoba yang dicanangkan pemerintah.

"Mari sama-sama kita sukseskan program rehabilitasi demi generasi penerus yang terbebas dari narkoba," katanya.

Seorang siswi peserta upacara, Susanti (16) mengatakan peringatan HANI tahun ini sangat menarik dan menambah wawasan terhadap bahaya narkoba.

"Saya menjadi lebih tahu tentang bahaya narkoba dan program rehabilitasi yang dilakukan pemerintah dan saya akan menyebarkan ke teman-teman di sekolah dan di rumah," katanya. (*)