Keltan Mitra Bersama Kinali Tingkatkan Produksi Padi

id Keltan, Kinali, Produksi, Padi

Keltan Mitra Bersama Kinali Tingkatkan Produksi Padi

Panen padi. (Antara)

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Kelompok Tani (Keltan) Mitra Bersama Langgam Kinali, Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terus meningkatkan produksi panen padi di daerah itu.

"Kita sangat bersyukur karena hasil panen terus meningat dari empat ton per hektare menjadi 7,6 ton per hektare," kata Ketua Keltan Mitra Bersama Taher ketika panen raya padi anggota Keltan Mitra Bersama, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan hasil panen itu tidak terlepas dari bantuan pemerintah melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Babinsa.

Mereka aktif membantu petani dengan memberikan pembinaan dan bantuan kepada para petani dalam meningkatkan hasil padi

Menurutnya perhatian pemerintah tarhadap petani cukup besar, apalagi pemerintah saat ini gencar-gencarnya menyosialisasikan program Gerakan Pengelolaan Pangan Tanaman Terpadu (GPPTT).

Tujuannya untuk mencapai kedaulatan pangan serta demi kesejahteraan petani di Indoesia secara umum, khususnya Kinali Pasaman Barat.

Setelah adanya GPPTT ini, hasil panen kami meningkat dari 4 ton per hektare menjadi 7,6 ton per hektare. Ini sangat luar biasa, ujarnya.

Ia mengakui GPPTT tidak hanya mendidik mereka menjadi petani cerdas dan terbebas dari pola petani ortodok.

GPPTT juga memfasilitasi petani berupa bantuan produksi, mulai dari biaya proses awal hingga pestisida dan pupuk.

Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Sementara itu Wali Nagari (Kepala Desa) Kinali, Syafrial menyebutkan meningkatnya hasil panen raya yang di laksanakan oleh Keltan Mitra Bersama merupakan keberhasilan seluruh para petani di Nagari Kinali.

Kedepan ia berharap Keltan ini menjadi semangat dan dicontoh oleh para petani dalam meningkatkan hasil panen tani.

"Kami juga sangat berterima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat yang selalu memperhatikan petani, memberikan pembinaan dan bantuan kepada para petani," katanya.

Ia menilai ini keberhasilan keltan ini adalah keberhasilan bersama. Kedepannya diharapkan produksi padi terus meningkat. (*)