Australian Landcare International Kunjungi Sawahlunto

id Australian Landcare International Kunjungi Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara) - Rombongan Australian Landcare International mengunjungi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (27/3), kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Andi Rastika.

"Berdasarkan konfirmasi yang kami terima, rombongan sudah berada di Padang dan sore ini sudah berada di Sawahlunto guna melakukan pembicaraan dengan walikota, Jumat malam," kata dia.

Dia mengatakan, kedatangan rombongan tersebut difasilitasi oleh Komunitas Indonesia Hijau. Ikut dalam rombongan itu, jelas dia, antara lain, Committe of Management Australian Landcare International Malachy Tarpey, Sekretarie International Landcare Co, Victoria Mack.

"Selain itu, Dosen senior Charles Sturt University Australia, Dr. Joanne Millar dan Coordinator Landcare Merapi, Uyung Pramudianto, juga turut mendampingi rombongan," ujar dia.

Dia mengatakan, kedatangan organisasi non profit tersebut, untuk meninjau lokasi lahan kritis kota itu dan pemanfaatannya sejauh ini oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Sawahlunto.

Pihak Pemkot, lanjutnya, bersama rombongan akan meninjau kawasan budi daya tanaman serai wangi di Desa Balai Batu Sandaran, yang memanfaatkan lahan kritis, Sabtu (28/3).

Menurut dia, kunjungan ini sekaligus untuk menjajaki kemungkinan kerja sama penanganan lahan kritis yang ada di kota itu.

"Jika memiliki kesamaan pendapat dan pandangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota ini, mereka berkemungkinan menjadi pendamping dalam pengembangan usaha pertanian di Kota Sawahlunto," kata dia. (**/cpw7/WIJ)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar