Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Sikib Resmikan "Rumah Pintar" di Papua

Jakarta, (Antara) - Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) meresmikan "rumah pintar" di Arso 14, Kampung Walukubun, Kabupaten Keerom, Papua guna mendekatkan pendidikan kepada masyarakat setempat khususnya anak-anak.

"Rumah pintar sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dapat mewadahi berbagai kegiatan dimulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan juga kelompok lanjut usia," kata Ketua SIKIB yang diwakili oleh Ratna Djoko Suyanto ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, melalui Rumah Pintar, diharapkan terbangun masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri yang sejahtera.

Tujuan dari kegiatan Rumah Pintar adalah menciptakan masyarakat yang berpengetahuan, pemberdayaan masyarakat, menjangkau masyarakat yang belum terjangkau layanan pendidikan serta membantu pemerintah dalam memberikan pemerataan pendidikan.

Selain itu meningkatkan angka partisipasi masyarakat terhadap pendidikan, memberikan peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Rumah Pintar yang digagas oleh SIKIB merupakan salah satu program Indonesia Pintar yang pada awalnya berupa "mobil pintar" (Mopin).

Ratna Djoko Suyanto menegaskan bahwa untuk lebih menjangkau daerah yang tidak mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat, dibuatlah "motor pintar" (Torpin) dan untuk wilayah kepulauan berupa "kapal pintar" (Kapin).

Mopin, Torpin dan Kapin ini memiliki empat sentra yaitu sentra buku, permainan edukatif, sentra panggung atau audio visual dan sentra komputer.

"Sedangkan rumah pintar memiliki tambahan sentra yaitu sentra kriya," katanya.

Selain peresmian pusat kegiatan masyarakat dan rumah pintar "papeda" Desa Wulukubun Kab. Keerom, diresmikan pula rumah pintar Agape yang berada di Sentani Jayapura dan Rumah Pintar "Maju Bersama" yang berada di Kotaraja, Jayapura. (*/sun)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga