Pesisir Selatan Tuan Rumah Livestock Expo 2018

id live stock 2018

Pesisir Selatan Tuan Rumah Livestock Expo 2018

Penyerahan simbol akan dilaksanakannya Livestock Expo 2018 di Pesisir Selatan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ke Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni (Antara Sumbar/Didi Someldi)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah Livestock Expo 2018 yang sebelumnya dilaksanakan di Solok Selatan.

"Livestock Expo merupakan kontes peternakan yang digelar secara bergantian oleh kabupaten dan kota di Sumatera Barat setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita, di Painan, Sabtu.

Pada Livestock Expo 2017 yang digelar pada Solok Selatan pada pekan kemarin, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno langsung mengumumkan bahwa kegiatan itu 2018 dilaksanakan di Pesisir Selatan.

Menurutnya penunjukan Pesisir Selatan tidak terlepas dari berbagai prestasi yang diraih diantaranya Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dinobatkan sebagai Pembina Terbaik Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) 2017.

Selanjutnya, juara 1 sapi betina, juara 1 kerbau betina, juara harapan 1 kerbau jantan, juara harapan 3 Anak sapi jantan, juara harapan 3 sapi bali betina.

Berikutnya, juara 1 petugas medis, juara 1 petugas paramedis, juara 1 petugas inseminator, juara harapan 1 Kelompok Ternak Setoja Inunang Kecamatan Batang Kapas.

"Prestasi kami raih minimal bisa kami pertahankan pada Livestock Expo 2018, kendati demikian kami menargetkan bisa meraih lebih dari itu," katanya.

Ia menyebutkan populasi ternak terutama sapi pada daerah setempat terus meningkat, terdata 2017 terdapat 86.000 ekor sapi potong, sementara 2016 hanya 82.000 ekor.

"Ke depan kami menargetkan populasi ternak terus mengalami peningkatan dengan memaksimalkan peran enam pusat kesehatan hewan untuk memastikan ternak dalam keadaan sehat dan pada 2018 kami berencana membangun tiga pusat kesehatan hewan tambahan," ujarnya. (*)